June 11, 2020 at 05:00AM - Cara Polisi Atasi Kemacetan saat PSBB Transisi Tanpa Ganjil Genap -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cara Polisi Atasi Kemacetan saat PSBB Transisi Tanpa Ganjil Genap

JawaPos.com – Tidak diberlakukannya ganjil genap pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar Transisi membuat kemacetan arus lalu lintas di Jakarta kembali meningkat. Oleh sebab itu, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya akan bersiaga dalam mengatur arus lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengklaim pihaknya sudah mengantisipasi lebih dini sebelum terjadi kemacetan. Jumlah personel kepolisian diperbanyak diseluruh titik-titik rawan kemacetan di Ibu Kota.

“Langkah kita mengurai kemacetan saat ini kita akan tempatkan Polantas di titik-titik rawan khusus pada pagi hari dan petang anggota kita tambah dari yang bertugas di bagian administrasi dan pelayanan,” ucap dia saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (10/6).

Menurutnya, aparat kepolisian juga melakukan contra flow. Contra flow diberlakukan khususnya di ruas tol dalam kota. Contra flow diberlakukan oleh pihaknya sejak pagi hari. Pihaknya masih menunggu keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait diaktifkan kembalinya kebijakan gage Ibukota.

Dia menuturkan, evaluasi selalu dilakukan olehnya sehingga bisa segera diambil kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi kepadatan yang ada di Jakarta. “Contra flow di tol sudah kita lakukan. Contohnya contra flow di Antasari kita buka lebih pagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menambahkan ada beberapa cara mengurai kemacetan tanpa harus mengandalkan gage di Jakarta. Selain contra flow, cara yang cukup ampuh yaitu pengalihan arus lalu lintas atau buka tutup jalan.

“Langkah kepolisian menangani kemacetan tanpa gage tentunya situasional. Biasanya dilakukan dengan rekayasa arus lalin misalkan buka tutup dan alih arus,” pungkas Fahri.

Cara Polisi Atasi Kemacetan saat PSBB Transisi Tanpa Ganjil Genap