June 16, 2020 at 10:19AM - Pesawat Tempur Jatuh, Pengamat Pertanyakan Perawatan Alutsista -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pesawat Tempur Jatuh, Pengamat Pertanyakan Perawatan Alutsista

JawaPos.com – Jatuhnya Pesawat tempur jenis Bae Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 diperkirakan bisa dipengaruhi sejumlah faktor. Oleh karena itu butuh investigas mendalam dan menyeluruh guna mencari kepastiannya.

Pengamat Militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, faktor kecelakaan bisa dipengaruhi oleh cuaca maupun human error. Selain itu faktor yang kerap kali menjadi spekulasi yaitu terkait pemelihataan dan perawatan pesawat.

“Alutsista kita ini tentunya sudah melalui uji kelayakan kemudian dioperasikan oleh personel yang kompeten, sehingga kemudian kita harus bicara soal bagaimana perawatan dan pemeliharaannya,” kata Fahmi saat dihubungi, Senin (16/6).

Dia menuturkan, perawatan sangat berkaitan dengan kesiapan alutsista untuk digunakan sewaktu-waktu. Sedangkan pemeliharaan berkaitan dengan kemampuan alutsista bisa dioperasionalkan dengan optimal dan efektif.

“Tentu itu yang bisa kita pertanyakan sebelum kemudian kita melihat bagaimana kesimpulan nanti dari hasil investigasi,” jelas Fahmi.

Atas dasar itu, perlu dipastikan apakah pesawat tersebut dalam kondisi siap tempur saat terbang atau tidak. Selanjutnya bisa berlanjut kepada investigasi lebih dalam.

Sebelumnya, Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara mengalami kecelakaan dan jatuh di Kampar, Riau, Senin (15/6). Pesawat tempur jenis Bae Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 itu jatuh sekitar pukul 08.13 WIB.

“Pada hari ini, Senin (15/6) pukul 08.13 WIB telah terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis Bae Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 dengan pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto dikonfirmasi, Senin (15/5).

Bersyukur, pilot yang mengendarai pesawat tempur tersebut berhasil selamat menggunakan ejection seat. Saat ini, dia tengah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Pesawat Tempur Jatuh, Pengamat Pertanyakan Perawatan Alutsista