June 18, 2020 at 10:10AM - Apoteker Beberkan Efek Obat Dexamethasone Jika Digunakan Secara Bebas -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Apoteker Beberkan Efek Obat Dexamethasone Jika Digunakan Secara Bebas

JawaPos.com – Temuan para peneliti soal efektivitas obat Dexamethasone untuk pasien Covid-19 adalah kabar baik. Meski begitu, kekhawatiran masyarakat meminumnya tanpa resep dokter dan membeli bebas tanpa dosis yang tepat, bisa membahayakan karena setiap obat ada efek sampingnya. Peringatan itu disampaikan oleh para ahli farmasi.

Dilansir dari AsiaOne, Kamis (18/6), para apoteker yang tergabung dalam Medical Mythbusters Malaysia (M3) menyarankan, masyarakat untuk tidak membeli dan mengkonsumsi Dexamethasone sendiri di pasaran. Apoteker Fahmi Hassan mengatakan, Dexamethasone adalah steroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Dan tak akan memberikan efek pada mereka yang tidak membutuhkan bantuan pernapasan atau hanya gejala ringan.

“Pasien Covid-19 yang sakit parah memiliki tingkat peradangan yang tinggi. Itulah mengapa obat ini efektif pada pasien yang parah tetapi tidak pada pasien lain,” tegasnya.

“Penggunaan steroid yang tidak terkontrol dapat memiliki efek samping serius lainnya,” katanya.

Untuk itu, Fahmi menyarankan setiap orang tetap mempraktikkan kebersihan, menghindari tempat yang ramai, dan menggunakan masker saat pergi ke tempat-tempat umum. Tentunya tetap menjaga jarak.

“Dapatkan perawatan di klinik atau rumah sakit jika memiliki gejala atau tidak sehat. Jangan terlalu pintar dan membeli atau menggunakan Dexamethasone sendiri,” katanya.

Sebelumnya, para ahli di Inggris mengatakan, Dexamethasone yang tersedia di pasaran dan murah, mengurangi risiko kematian untuk pasien Covid-19 yang parah. Menurut laporan BBC, para peneliti mengatakan bahwa hingga 5 ribu nyawa bisa diselamatkan jika obat itu digunakan untuk mengobati pasien di Inggris sejak awal pandemi.

Uji coba, yang dipimpin oleh tim dari Universitas Oxford, membandingkan sekitar 2 ribu pasien rumah sakit yang diberikan Dexamethasone dengan lebih dari 4.000 yang tidak. Untuk pasien yang menggunakan ventilator bisa mengurangi risiko kematian dari 40 persen menjadi 28 persen sementara untuk pasien yang membutuhkan oksigen, bisa mengurangi risiko kematian dari 25 persen menjadi 20 persen.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Apoteker Beberkan Efek Obat Dexamethasone Jika Digunakan Secara Bebas