June 22, 2020 at 09:48AM - Cegah Penyebaran Covid-19, Polri Masifkan Program Kampung Sehat -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cegah Penyebaran Covid-19, Polri Masifkan Program Kampung Sehat

JawaPos.com – Polri terus melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kali ini Korps Bhayangkara memasifkan pembentukan kampung sehat atau kampung tangguh. Program ini telah dijalankan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Program ini juga melibatkan langsung masyarakat beserta pemangku jabatan lainnya. Program ini pertama kali diinisiasi oleh Polda Jawa Timur dengan membentuk Kampung Tangguh Semeru. Kampung ini muncul saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) dan Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) beberapa pekan lalu.

“Inti Kampung Tangguh Semeru upaya melawan korona berbasis lingkungan RT/RW. Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan korona,” kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran kepada wartawan, Senin (22/6).

Polda Kalimantan Selatan juga turut membentuk Kampung Tangguh Banua. Program ini menyasar 67 kampung atau desa tersebar di 13 kabupaten. Saat memasuki kampung ini masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Sedangkan, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) juga memiliki kampung cegah Covid-19 bernama Desa Pantang Mundur (Lewu Isen Mulang). Pendirian ini dilakukan lantaran pandemi sangat berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi serta budaya.

“Kata Lewu Isen Mulang mengandung makna ketangguhan dan keuletan masyarakat suku Dayak dalam menghadapi tantangan dinamika pembangunan,” ucap Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Sementara itu, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) mendirikan Kampung Sehat yang melibatkan 1.136 desa atau kampung. Untuk menarik minat warga, pembentukan Kampung Sehat diperlombakan.

Kampung cegah Covid-19 lainnya pun dibuat oleh Polda Jawa Tengah dengan nama Kampung Siaga Covid-19. Saat ini sebanyak 285 Kampung Siaga Covid-19 telah tersebar di 35 daerah di Jawa Tengah.

Di wilayah Jabodetabek, pembuatan kampung sehat juga dilakukan di Kota Tangerang Selatan dengan nama Kampung Tangguh Jawara. Rencananya program ini akan diresmikan 1 Juli 2020 mendatang atau bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74.

Terkait dengan masifnya pembentukan kampung cegah Covid-19 ini, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, program ini tak lepas dari instruksi Surat Telegram Kapolri, yang memerintahkan setiap Polda melakukan penanganan terhadap Covid-19. Selain itu, agar petugas diminta mengedepankan soft approach dalam mengedukasi warga terkait protokol kesehatan.

“Selain memutus mata rantai pandemi, pembentukan beberapa kampung cegah Covid-19 ini juga agar masyarakat dapat tetap produktif dan dapat bertahan dengan kemandirian pangan,” kata Argo.

Jenderal bintang dua berharap agar seluruh masyarakat di Indonesia turut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. “Peran masyarakat sangat penting. Jika kita bersatu maka akan bisa melawan Covid-19,” tutup Argo.

Cegah Penyebaran Covid-19, Polri Masifkan Program Kampung Sehat