9 Fakta Menarik Orang dengan Tangan Kidal yang Jarang Diketahui

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

9 Fakta Menarik Orang dengan Tangan Kidal yang Jarang Diketahui


JawaPos.com – Apakah Anda bertangan kidal? Menulis atau melakukan kegiatan dengan tangan kiri sering disebut sebagai kidal. Dan tahukah Anda, tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Orang Kidal Internasional.

Dilansir dari Pink Villa, Minggu (16/8), hari itu pertama kali diperingati pada tahun 1976 oleh Dean R. Campbell, pendiri Lefthanders International, Inc. Hari itu adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang keuntungan dan kekurangan seseorang bertangan kidal.

Tapi tahukah Anda bahwa orang bertangan kidal diyakini lebih mandiri karena harus menyesuaikan diri dengan segala hal. Ada sejumlah fakta menarik tentang orang bertangan kidal yang perlu Anda ketahui.

Fakta 1

Orang kidal berjumlah sekitar 12 persen dari populasi dunia.

Fakta 2

Orang kidal lebih banyak menggunakan sisi kanan otak mereka, itulah sebabnya mereka lebih cenderung tertarik pada seni. Sisi kanan otaknya mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh dan sebagian besar menggerakkan kemampuan musik dan spasial.

Fakta 3

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang kidal lebih cenderung mengalami alergi daripada orang yang tidak kidal.

Fakta 4

Sebuah penelitian di Belgia yang dilakukan pada 1996 menemukan bahwa dari 1.700 pasang anak kembar yang diuji, 21 persen ditemukan kidal. Itu hanya lebih dari 5 persen dari populasi umum.

Fakta 5

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Paediatrics, orang kidal memiliki peningkatan risiko disleksia, ADHD dan gangguan mood tertentu. Ini terutama terkait dengan belahan otak.

Fakta 6

Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang kidal lebih pintar daripada orang non kidal.

Fakta 7

Banyak budaya percaya bahwa orang kidal tidak beruntung, lemah dan bahkan jahat. Untungnya, persepsi positif tentang orang kidal telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Fakta 8

Beberapa ilmuwan percaya bahwa kaum kidal memiliki cakupan pemikiran yang lebih luas. Banyak pemimpin bertangan kidal. Tahukah Anda delapan presiden AS adalah kidal. Beberapa presiden termasuk Barack Obama, Bill Clinton, George H.W. Bush, dan Gerald Ford.

Fakta 9

Sebuah survei yang diterbitkan dalam British Journal of Health Psychology menemukan bahwa kaum kiri minum lebih banyak daripada kaum kanan. Studi tersebut melibatkan lebih dari 25 ribu orang dari 12 negara.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


9 Fakta Menarik Orang dengan Tangan Kidal yang Jarang Diketahui