Mencari Nahkoda Baru, PPI Gelar Simposium Internasional Secara Daring

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mencari Nahkoda Baru, PPI Gelar Simposium Internasional Secara Daring


JawaPos.com – Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPID) menggelar simposium internasional ke 12 mulai tanggal 15 hingga 30 Agustus mendatang. Jika biasanya agenda tahunan PPI Dunia tersebut digelar di berbagai negara, maka tahun ini pelaksanaan rangkaian kegiatan simposium berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Koordinator PPI Se-Dunia Periode 2019-2020, Fadlan Muzakki mengatakan tahun ini Simposium PPI akan diadakan secara daring karena kondisi pandemi Covid-19. “Mempertimbangkan kondisi akibat pandemi Covid-19, Simposium Internasional PPI Dunia yang mulanya direncanakan untuk dilaksanakan di Guangzhou, Tiongkok, akan dilaksanakan secara daring (online),” ungkap Fadlan melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Tema yang diangkat kali ini “Peran Generasi Muda dalam Kebangkitan Nasional Pasca Pandemi Covid-19”. Merujuk ke salah satu keputusan Simposium Internasional di Malaysia tahun 2019 tahun lalu, seharusnya tuan rumah agenda tersebut tahun ini adalah PPI Tiongkok, tepatnya di Guangzhou, Tiongkok. Namun, pihak panitia telah melakukan penyesuaian dan menyiapkan semua skema acara untuk dilaksanakan secara online.

Salah satu kegiatan adalah Kongres Internasional yang khusus dapat dihadiri delegasi utama dari PPI Negara. Agendanya pemilihan Koordinator PPI Dunia untuk periode 2020/2021 sebagai nakhoda yang akan memimpin kepengurusan organisasi kemahasiswaan Indonesia di luar negeri ini.

Dua nama calon Koordinator PPI Dunia untuk periode 2020/2021 adalah Choirul Anam dari PPI Ceko dan Irhamni Rofiun dari PPI Tunisia. Kegiatan akan diikuti peserta dari 57 PPI Negara yang saat ini terafiliasi dengan PPI Dunia, yakni mahasiswa Indonesia di berbagai negara, mahasiswa Indonesia yang berkuliah di dalam negeri, serta perwakilan organisasi dan komunitas kepemudaan. Hingga pendaftaran delegasi ditutup per 13 Agustus 2020, sebanyak 1.122 peserta telah terdaftar.

Adapun tokoh nasional yang akan hadir dan menjadi pembicara dalam kegiatan ini, diantaranya Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Billy Mambrasar (Staf Khusus Presiden), Wakil Komisariat Utama Bank Mandiri Andrinof Chaniago, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Ketua Pandi Yudho Giri Sucahyo.

Saksikan video menarik berikut ini:


Mencari Nahkoda Baru, PPI Gelar Simposium Internasional Secara Daring