Baru Lahir, Dua Bayi Positif Covid-19 di Sleman

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Baru Lahir, Dua Bayi Positif Covid-19 di Sleman


JawaPos.com – Dua bayi berusia di bawah satu tahun terkonfirmasi positif Korona (Covid-19). Tercatat sebagai kasus 1031 dan kasus 1046, kedua bayi ini lahir di Kabupaten Sleman. Hasil identifikasi sementara, keduanya tertular dari masing-masing orang tuanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo membenarkan adanya kasus tersebut. Kedua bayi tergolong sebagai pasien asimptomatis. Upaya tracing masih dilakukan untuk mengetahui asal muasal kasus.

“Info sementara bayi tersebut baru lahir, kemungkinan tertular dari ibunya, tapi belum jelas apakah penularan melalui placenta atau bukan. Masih ditelusuri lanjut,” jelasnya seperti dikutip Radar Jogja, Selasa (18/8).

Berdasarkan data medis, kasus 1031 masih berumur 1 hari. Sementara untuk pasien kasus 1046 berumur kisaran bulan. Pasien ini diduga tertular dari pasien kasus 1046, perempuan berusia 42 tahun asal Sleman.

“Ibunya kasus 1046 ya pasien kasus 1045. Yang kasus 1031 ibunya belum terlaporkan karena hasil swab malah belum keluar. Baru hasil rapid tes reaktif,” katanya.

Terkait penanganan ada tindakan khusus karena usia kedua pasien masih sangat rentan. Untuk saat ini keduanya dirawat di ruang isolasi perinatal.

“Karena bayi baru lahir penanganan tentu berbeda dengan pasien dewasa, meskipun asimtomatis. Belum tentu diinkubator tapi dirawat isolasi di ruang perinatal,” ujarnya.

Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman melaporkan adanya 10 kasus baru per hari ini. Sementara data akumulasi kasus positif Covid-19 provinsi bertambah 16 kasus. Total kasus di Jogjakarta tercatat mencapai 1041 kasus. Tercatat dalam kasus 1031 hingga kasus 1046.

Distribusi kasus berdasarkan domisili diantaranya masing-masing satu kasus di Kabupaten Gunungkidul dan Kota Jogja. Lalu ada empat kasus di Kabupaten Bantul. Kabupaten Sleman mendominasi dengan 10 kasus baru.

Dari data ini memiliki empat riwayat tracing kasus. Diantaranya tujuh kasus hasil skrining karyawan kesehatan. Satu kasus dari perjalanan luar daerah. Kontak tracing kasus sebanyak tiga kasus. Adapula lima kasus masih dalam pencarian.

“Kami juga melaporkan tujuh pasien sembuh. Kalau total pasien sembuh mencapai 682 kasus. Untuk sampel diperiksa hari ini ada 454 sampel milik 345 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtningsih.


Baru Lahir, Dua Bayi Positif Covid-19 di Sleman