Fasilitas di Kawasan Industri Batang Diyakini jadi Daya Tarik Investor

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Fasilitas di Kawasan Industri Batang Diyakini jadi Daya Tarik Investor


JawaPos.com – Perusahaan konstruksi dan investasi PT PP (Persero) Tbk (PTPP) bersama PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) (PTPN IX) terus mempercepat proses pembangunan dan pengembangan Kawasan Industri Batang (KIB). Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, pihaknya berusaha untuk menarik minat investasi dari luar negeri dengan menata konsep bisnis dan desain yang komprehensif.

“PTPP akan mengerjakan pembangunan jalan akses infrastruktur non-tol untuk mempermudah akses ke kawasan industri tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/8).

Pembangunan Kawasan Industri Batang merupakan bagian dari program pemerintah untuk mendorong penguatan sektor Industri di Indonesia. Novel mengatakan, PTPP selalu mendukung setiap program yang dicanangkan pemerintah dalam rangka meningkatkan geliat perekonomian Indonesia.

Kawasan Industri Batang terletak di Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah yang memiliki lahan untuk dikembangkan sekitar 4.300 hektare. Pada tahap pertama, lahan yang dikembangkan seluas 450 hektare.

Kawasan yang terletak di koridor industri utara Pulau Jawa ini akan mengusung konsep the Smart and Sustainable Industrial Estate. Konsep Smart tersebut memiliki 3 prinsip dasar (Smart Society, Smart Environment and Infrastructure, serta Smart Economy), dan dua design intervention (Smart Experience and Smart Planning).

Kawasan Industri Batang akan memiliki sederet fasilitas lengkap, mulai dari sarana olah raga, command center, pemadam kebakaran, sarana peribadatan dan rumah sakit. Selain itu, kawasan ini juga memiliki visi untuk mempromosikan ekonomi kreatif, industri, teknologi informasi serta ruang berinovasi bagi masyarakat.

Kawasan Industri Batang direncanakan akan memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH), ruang interaksi dan ramah pejalan kaki. Selain fasilitas lengkap yang akan dibangun di kawasan tersebut, Kawasan Industri Batang memiliki beberapa keunggulan lokasi.

Keunggulan tersebut antara lain terletak di sisi utara Tol trans-Jawa. Ini dapat mempermudah akses ke kawasan industri.

KIB juga dilalui jalur kereta api dan berpotensi menjadi Dry Port, berbatasan langsung dengan Pantai Utara Jawa. Lalyu akan dibuat Transit Oriented Department oleh Pemerintah Kabupaten Batang.

“Selain itu, Kawasan Industri Batang memiliki lokasi yang strategis di mana dapat ditempuh dengan waktu 4 jam dari Jakarta, 1 jam dari Semarang,” tuturnya.


Fasilitas di Kawasan Industri Batang Diyakini jadi Daya Tarik Investor