Long Weekend, Volume Penumpang Kereta Api Melonjak Dua Kali Lipat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Long Weekend, Volume Penumpang Kereta Api Melonjak Dua Kali Lipat


JawaPos.com – PT Kereta Api Indoensia (Persero) memperkirakan, libur panjang dari 19 hingga 23 Agustus 2020 akan berpengaruh terhadap jumlah penumpang kereta api (KA) di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta. Berdasarkan data per 19 Agustus 2020 sudah terdapat sebanyak 7.800 penumpang.

“Jumlah penumpang bertambah hampir mendekati dua kali lipat jika dibandingkan akhir pekan dua minggu lalu pada Jumat, 7 Agustus 2020 sebesar 4.100 penumpang,” Kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Kamis (20/8).

Selain karena libur panjang, Eva melihat, lonjakan volume penumpang ini juga dikarenakan adanya penambahan jadwal perjalanan KA. Jika pada Jumat 7 Agustus 2020 menjelang akhir pekan normal, total KA yang dioperasikan sebanyak 14 KA keberangkatan dari wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Gambir dan Pasarsenen.

Namun, mulai tanggal 14 Agustus 2020 bertepatan dengan libur akhir pekan HUT Kemerdekaan jumlah perjalanan juga ditambah secara bertahap. Hingga posisi hari ini 19 Agustus 2020 terdapat 27 perjalanan KA dari area Daop 1 Jakarta.

“Terkait prediksi puncak volume penumpang masa long weekend dari tanggal 19 hingga 23 Agustus 2020, berdasarkan data reservasi volume penumpang tertinggi tercatat pada hari ini, Rabu 19 Agustus 2020 dengan jumlah sekitar 7. 800 penumpang,” tuturnya.

Namun, kata dia, data tersebut masih dapat berubah mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show tiga jam sebelum keberangkatan untuk tanggal 20 hingga 23 Agustus 2020. Dia menambahkan, meskipun perjalanan KA ditambah dan volume penumpang KA meningkat, namun pihaknya tetap konsisten menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 baik di area stasiun dan selama perjalanan di atas KA.

“Seperti, menerapkan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal,” katanya.


Long Weekend, Volume Penumpang Kereta Api Melonjak Dua Kali Lipat