Pasca Dilantik, Gubernur Kepulauan Riau Tertular Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pasca Dilantik, Gubernur Kepulauan Riau Tertular Covid-19


JawaPos.com­–Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Riau menyatakan, hasil pemeriksaan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menunjukkan, Gubernur Kepulauan Riau Isdianto positif tertular Covid-19.

”Kami belum dapat data. Namun kepala BTKLPP Batam sudah menyampaikan hasilnya secara lisan kepada Gubernur,” Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana seperti dilansir dari Antara  di Tanjungpinang.

Tjetjep mengatakan, sebelumnya dikonfirmasi tertular Covid-19 Gubernur sempat menghadiri acara penyambutan di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan acara Tepung Tawar di Gedung Daerah Tanjungpinang serta mengunjungi Pulau Penyengat dan Makam Pahlawan Tanjungpinang. Selain itu, Gubernur menghadiri kegiatan di RSAL Tanjungpinang, rapat dengan kepala desa, dan rapat dengan pejabat Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sampai sekarang belum diketahui pasti dari siapa Gubernur Isdianto dan beberapa stafnya tertular Covid-19. Sejak dua hari lalu, Gubernur Isdianto menjalani menjalani karantina mandiri di rumah dinas Gedung Daerah Tanjungpinang,” ujar Tjetjep.

Tim Gugus Tugas memeriksa pejabat dan staf pemerintah provinsi serta warga yang pernah kontak dekat dengan Gubernur dan lima stafnya untuk melacak penularan Covid-19. Pemerintah provinsi, juga mengupayakan penyediaan tempat karantina bagi warga yang membutuhkan. ”Kami masih melobi pemilik hotel,” kata Tjetjep.

Menurut dia, Gubernur Kepri Isdianto tertular Covid-19 bukan dari Rosmeri, istrinya. Rosmeri ikut ke Jakarta, namun tidak ikut dalam acara pelantikan tersebut. ”Bu Rosmeri itu tidak ikut acara pelantikan bukan karena positif atau reaktif Covid-19, melainkan karena kakinya terkilir,” ujar Tjetjep.

Menurut dia, Rosmeri juga belum diambil sampel lendir sehingga belum diketahui apakah tertular Covid-19 atau tidak. ”Di Istana Negara itu prosedurnya sangat ketat. Isdianto negatif Covid-19 saat dilantik berdasar hasil pemeriksaan dengan metode PCR,” tegas Tjetjep.

Dia menduga, Isdianto dan lima staf protokol tertular Covid-19 saat berada di Tanjungpinang. Dugaan itu semakin kuat ketika kegiatan seremonial dalam penyambutan Isdianto di Tanjungpinang pada Selasa (28/7) tidak menerapkan protokol kesehatan. ”Kami sudah ingatkan berulang kali kepada warga agar menerapkan protokol kesehatan, namun suasana yang ramai sulit dihindari,” tutur Tjetjep.

Sementara itu, adik dan ponakan Gubernur Kepulauan Riau Isdianto tertular Covid-19 berdasar hasil pemeriksaan usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam. Berdasar data Bu merupakan adik Gubernur Kepri, menjabat sebagai kepala OPD di Pemprov Kepri, dinyatakan positif tertular Covid-19. Sedangkan He merupakan ponakan Isdianto, yang juga pejabat eselon II, tertular Covid-19. Istri He juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Tjetjep Yudiana menambahkan, jumlah pasien Covid-19 untuk klaster Gedung Daerah bertambah tujuh orang setelah sehari yang lalu lima staf protokol Gubernur Kepri positif Covid-19. ”Jadi Sabtu (1/8) bertambah tujuh orang sehingga menjadi 12 orang yang positif Covid-19 untuk klaster tersebut,” ujar Tjetjep.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


Pasca Dilantik, Gubernur Kepulauan Riau Tertular Covid-19