Pengamat Pendidikan Minta Pemerintah Terapkan Metode Belajar Kombinasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pengamat Pendidikan Minta Pemerintah Terapkan Metode Belajar Kombinasi


JawaPos.com–Pengamat pendidikan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Harun Joko Prayitno meminta pemerintah menerapkan metode pembelajaran kombinasi. Yakni perpaduan antara tatap muka langsung dengan daring selama masa pandemi Covid-19.

”Harus ada kombinasi antara tatap muka dengan daring. Ini upaya mengurangi stresnya pembelajaran secara online,” kata Harun seperti dilansir dari Antara di Solo.

Dia mengatakan, pembelajaran skala kecil berbasis protokol kesehatan tetap harus diadakan. Meski demikian, model penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di kelas perlu digeser ke tempat yang lebih terbuka.

”Kalau dikristalisasi Covid-19 itu kan hanya berlangsung di interaksi jangka pendek, rumah yang ketat, tidak ada ruang terbuka. Jadi jangan ditiadakan sama sekali,” ujar Harun.

Dia juga berharap agar citra sekolah sebagai tempat untuk menuntut ilmu tidak dijadikan seolah menakutkan di mana menjadi sumber penyakit atau dianggap sumber penularan Covid-19.

”Kalau begitu, anak akan mengalami trauma panjang. Kalau kementerian mengadakan pendidikan tatap muka sampai Desember berarti kan 10 bulan. Ini namanya kepunahan pendidikan, ke depan sekolah nggak ada, hanya ada pendidikan. Ini yang perlu diluruskan,” terang Harun.

Dia menilai, pendidikan secara daring selama ini, tidak hanya berdampak pada stresnya siswa, tetapi juga orang tua dan guru. Ketiganya merupakan komponen. Orang tua yang biasanya melepas anaknya sekolah sekarang justru dibebani, bukan hanya jadi pendamping belajar, tetapi juga harus mendudukkan diri sebagai guru dan murid.

Oleh karena itu, menurut dia, kondisi tersebut harus dicairkan dengan pentingnya penanaman pendidikan dan kesehatan pada siswa. ”Perlu ditekankan kebersihan dan kesehatan untuk menuju sekolah, yang paling bagus ya blended learning,” tutur Harun.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pengamat Pendidikan Minta Pemerintah Terapkan Metode Belajar Kombinasi