Risma Minta Warga Berhenti Menyebut Sekolah Favorit dan Pinggiran

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Risma Minta Warga Berhenti Menyebut Sekolah Favorit dan Pinggiran


JawaPos.com–Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak semua kepala SMP negeri di Surabaya untuk berhenti mendefinisikan sekolah sebagai sekolah pinggiran dan favorit. Risma mengingatkan, negara yang maju karena sumber daya manusianya maju.

”Mungkin sumber daya alam Surabaya nggak sebanyak wilayah lain. Kita harus punya sumber daya manusia yang bagus,” tutur Risma.

Menurut Risma, dari perjalanannya ke berbagai negara, sebuah negara bisa menjadi penguasa teknologi dunia karena memperhatikan pendidikan dan sumber daya manusia. Itu alasan kenapa negara kecil seperti Estonia bisa bersaing dengan negara lain.

”Kalau ada yang bilang SMP tertentu adalah unggulan, saya nggak percaya. Ada proses in and out. Kita nggak boleh menyerahkan semua ke alam. Apalagi bilang input jelek makanya hasilnya jelek. Nggak boleh. Harus bekerja keras dalam proses,” kata Risma.

Dia berharap semua tenaga pendidik lebih memperhatikan proses dan tidak mengelompokkan sekolah tertentu sebagai sekolah favorit dan pinggiran. ”Sebentar lagi jalan lingkar timur selesai. Warga Manukan bisa ke pusat lebih cepat. Kalau seperti itu, masih disebut sebagai sekolah pinggiran nggak? Nggak boleh!” ujar Risma.

Dia bahkan membandingkan semua sekolah dengan SMPN 1 dan SMAN 5 yang sering disebut sebagai sekolah favorit.  ”Kalau kita membedakan sekolah pinggiran  dan favorit, berarti kita meyakini kalau Gusti Allah bikin anak pintar dan nggak pintar,” tutur Risma.

Dia menambahkan, makin sering bersaing dan berkompetisi, siswa akan terus belajar.

Hesti Kusumawati, kepala SMPN 61 Surabaya mengatakan, kini proses belajar mengajar sekolah lebih ditingkatkan setelah peresmian. ”Tahun ini baru meluluskan angkatan pertama. Pada Juli kemarin, kami menerima 230 siswa baru. Harapannya setelah ini lebih kreatif dalam mengajar. Jadi nggak disebut sekolah pinggiran lagi,” tutur Hesti.

Saksikan video menarik berikut ini:


Risma Minta Warga Berhenti Menyebut Sekolah Favorit dan Pinggiran