Mengetahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mengetahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic


JawaPos.com – Punya mobil yang ada Sunroof sekarang cukup banyak pilhan, bahkan tak perlu meminang mobil mewah. Mobil baru dengan harga Rp300 jutaan sekarang sudah ada fitur ini misalnya pada merek Wuling Cortez.

Disisi lain fitur kaca bagian atas pada mobil banyak macamnya diantaranya ada sunroof, moonroof, atau panoramic. Banyak yang menganggap antara ketiganya adalah sama padahal sebenarnya berbeda.

Memang baik sunroof, moonroof dan panoramic roof biasanya dibekali dengan kaca berbahan tempered glass, namun, pada kenyataannya, ketiganya sebenarnya berbeda. Pada dasarnya, ketiga jenis kaca atap memiliki fungsi yang sama persis.

Yaitu agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Namun bila dilihat dari segi cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas. Namun ketiganya pasti mempunyai perbedaan seperti pada penjabaran seperti berikut.

Sunroof merupakan atap kaca berbahan tempered glass yang dapat dibuka untuk mengalirkan udara. Saat dibuka, kaca sunroof akan membuka ke atas. Selain dapat mensirkulasikan udara, cahaya juga dapat masuk ke dalam kabin sehingga kabin terasa lebih cerah.

Sunroof tidak diperkenankan terlalu sering dibuka tutup apalagi dibuat mainan oleh anak-anak, karena akan berakibat pada macetnya rel kaca dan dapat terjadi kebocoran ketika hujan deras.

Sedangkan moonroof sebenarnya mirip dengan sunroof. Keduanya mengandalkan sebuah kaca berbahan tempered glass yang dipasang di atap mobil. Akan tetapi pada moonroof sistem membukanya umumnya dengan membuka kedalam (slide in).

Moonroof juga dapat mensirkulasikan udara dan cahaya juga dapat menerangi kabin. Sama halnya dengan sunroof, rel kaca moonroof juga rentan macet dan bocor jika terlalu sering dibuka tutup.

Sementara untuk Panoramic roof biasanya berukuran lebih lebar dan besar dibandingkan dengan sunroof maupun moonroof. Hanya saja, panoramic roof hanya dapat menyalurkan cahaya ke kabin karena tidak dapat dibuka maupun ditutup kacanya.

Jadi hanya sebatas menutup cover panoramic roof untuk menghalau cahaya. Panoramic roof hanya berfungsi untuk menikmati pemandangan luar saja. Karena kaca tidak dapat dibuka dan ditutup, panoramic roof lebih tahan terhadap kebocoran.

Nah setelah Anda mengetahui perbedaan ketiga jenis kaca atap tersebut, Anda bisa menentukan pilihan mau pilih yang mana. Memang memilih mobil keluarga yang memiliki kaca atap akan memberikan pengalaman tersendiri saat melakukan perjalanan.


Mengetahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic