Tips Baby Tidur Nyeyak Sepanjang Malam Ala Bumbee Collection

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tips Baby Tidur Nyeyak Sepanjang Malam Ala Bumbee Collection


JawaPos.com – Bayi yang baru lahir belum memiliki pola tidur yang teratur, seringkali terbangun di tengah malam. mereka terbangun karena kelaparan atau popok yang penuh, atau bisa jadi suasana tidur yang tidak nyaman. Jika bayi susah tidur akan berdampak pada tidak teraturnya pola tidur Bunda juga. Penelitian telah membuktikan bahwa kurang tidur berdampak terhadap kualitas hidup dan energi di saat siang.

Bumbee Collection yang sudah berdiri dari tahun 2014 yang terus concern membantu para orang tua agar dapat memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, mempunyai tips bagaimana si kecil dapat tidur nyenyak sepanjang malam. Yuk simak tipsnya:

1. Mengatur Waktu Tidur Bayi Baru Lahir 0-7 Minggu Membutuhkan Waku Tidur 16 Sehari
Waktu tidur bayi baru lahir 0-7 minggu pada malam hari antara 8-10 jam. Sedangkan, bayi yang berusia sekitar 8 minggu tidur selama 6 jam di malam hari tanpa harus diberi makan. Fakta ini harus jadi panduan Bunda untuk mengatur jam tidur si Kecil. Jadi, jika Bunda ingin memiliki kualitas tidur yang cukup, kondisikan bayi Bunda untuk tidur pukul 22.00 berbarengan dengan Bunda tidur. Ia akan tidur nyenyak sampai kira-kira jam 4 pagi.

2. Tidak Terlalu Kenyang
Apakah benar, menyusui si Kecil sesaat sebelum tidur, membuatnya pulas? Nah, menurut penelitian, membuat perut sangat kenyang, justru membuat tidurnya gelisah. Ya bayangkan saja, betapa tidak enaknya perut Bunda kalau terlalu kenyang dan harus tidur. “Jadi, beri mereka makan sebanyak yang mereka mau dan tidak berlebihan. Kemudian untuk memecahkan asosiasi minum susu sebelum tidur, lakukan aktivitas lain, misalnya menceritakan dongeng atau menyanyikan lagu”.

Ilustrasi pasangan suami istri dengan bayinya yang baru lahir. (Istimewa)

3. Ciptakan Rutinitas Tidur Yang Baik
Setiap Bunda memiliki cara dan teknik yang berbeda untuk membuat bayi nyaman sebelum tidur, misalnya memandikan bayi sebelum tidur, lalu memakaikan baju tidur yang nyaman. Cara lain yang bisa Bunda coba adalah memberikan pijatan yang lembut pada punggung, lengan, dan tungkai Si Kecil atau membacakan cerita dongeng di atas tempat tidur khusus untuknya yang membuat dia belajar bahwa tempat tidur miliknya adalah tempat ternyaman untuk dia tidur nyenyak. Lakukanlah kebiasaan ini secara konsisten, meski pada akhir pekan. Menurut penelitian, bayi yang selalu menjalani kegiatan yang sama sebelum tidur akan lebih jarang menangis di malam hari, lebih mudah terlelap, dan tidurnya lebih nyenyak.

4. Menggendong Bayi Sebelum Tidur
Bunda juga bisa membantu menidurkan Si Kecil dengan cara menggendongnya terlebih dahulu, tapi pastikan gendongan yang dipakai memang nyaman untuk baby. Ketika sudah terlihat mulai mengantuk, segera letakkan Si Kecil di tempat tidur dan biarkan dia tidur dengan sendirinya. Hindari membiarkan Si Kecil terlelap di gendongan Bunda, karena bisa membuatnya terbiasa tidur saat digendong, dan akan membuat Si Kecil lebih sulit untuk tidur sendiri.

5. Pastikan Popok Yang Dia Pakai Tidak Penuh
Pasti tidak nyaman jika tidur dalam kondisi badan lembap. Bayi Bunda juga tidak akan nyenyak tidurnya jika popoknya lembap atau ada bagian bajunya yang terkena ompol atau keringat. Jadi, sebelum ia tidur, ada baiknya Bunda memastikan popoknya kering. Pilihlah popok antibocor yang keringnya terjamin sampai beberapa kali pipis untuk malam hari. Ini baik agar si Kecil tidak terbangun dan menangis karena tubuhnya tidak nyaman.

6. Suasana Kamar Yang Nyaman
Dengan suhu udara yang pas, pencahayaan yang baik, tempat tidur yang nyaman dan suasana yang tenang adalah kunci utama untuk membuat tidur bayi baru lahir semakin nyenyak. Jika ia tidur di malam hari, pastikan kamar dalam keadaan minim pencahayaan. Ini untuk membiasakan bayi mengerti siang dan malam dari terang atau gelap yang ia lihat. Suhu udara yang sejuk juga akan memengaruhi kesuksesan latihan tidur. Lalu, soal suasana, ada baiknya kamar diberi suara pengantar tidur, melalui lagu-lagu lembut, atau suara mesin AC yang konstan dan menenangkan.

Nah itu tadi tips tidur nyeyak ala Bumbee Collection, semoga tips ini membantu para Bunda membuat pola tidur untuk baby dan bunda.


Tips Baby Tidur Nyeyak Sepanjang Malam Ala Bumbee Collection