Gubernur Sebut Positivity Rate Covid-19 di Jatim Capai Enam Persen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gubernur Sebut Positivity Rate Covid-19 di Jatim Capai Enam Persen


JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, tingkat positivity rate kasus Covid-19 mencapai enam persen. Positivity rate merupakan rasio antara jumlah orang yang mendapat hasil positif Covid-19 melalui tes dengan total jumlah tes yang dilakukan.

”Ini merupakan prestasi, kerja keras, dan kerja sama, semua elemen karena menunjukkan pemerintah terus konsisten meningkatkan testing atau pengujian,” ujar Khofifah seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menjelaskan, hasil tersebut hampir sesuai standar WHO yaitu lima persen, baik kasus harian maupun keterisian rumah sakit yang mulai menurun. Berdasar catatan di aplikasi Bersatu Lawan Covid-19, kasus di Jatim dalam sepekan sudah mencapai 45.045 kasus atau sudah di atas standar WHO yakni 1 tes tiap 1.000 penduduk per pekan atau setara dengan 40.479 tes PCR.

Dengan demikian, kata gubernur, target testing PCR di Jatim sesuai telah tercapai 111 persen dari standar WHO. Dari 45 ribu kasus, ditemukan kasus positif per pekan 2.694 kasus atau artinya positivity rate sudah mencapai angka enam persen.

”Padahal, sebelum pemberlakuan PPKM maupun PPKM mikro positivity rate di Jatim berada di angka 20 persen,” ucap Gubernur Khofifah.

Penurunan kasus maupun positivity rate tersebut juga diikuti dengan penurunan BOR atau keterisian rumah sakit. Saat ini, BOR isolasi sudah turun dari 79 persen di awal PPKM menjadi 33 persen untuk isolasi biasa dan ICU dari 72 persen menjadi 52 persen.

”Kendati merupakan salah satu hal yang patut dibanggakan namun tetap perlu diwaspadai. Apalagi sebelumnya, Jatim pernah mencapai positivity rate hanya tujuh persen pada Oktober 2020. Namun, setelah libur panjang, naik menjadi 19 persen,” ujar Khofifah.

Gubernur Khofifah berharap catatan tersebut menjadi motivasi untuk masyarakat, pemerintah, maupun aparat, untuk terus konsisten mengawal penurunan kasus di Jatim.

”Termasuk dengan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan,” kata Khofifah yang juga mantan menteri sosial tersebut.

Dia mengimbau agar terus memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan hanya keluar rumah untuk urusan sangat penting.

Saksikan video menarik berikut ini:


Gubernur Sebut Positivity Rate Covid-19 di Jatim Capai Enam Persen