Pesantren Punya 3 Potensi dalam Kemandirian Ekonomi Umat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pesantren Punya 3 Potensi dalam Kemandirian Ekonomi Umat


JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) tengah berupaya meningkatkan kemandirian ekonomi pesantren. Menag Yaqut Cholil Qoumas mmengatakan bahwa hal itu bisa dilakukan, sebab pesantren memiliki tiga potensi.

“Setidaknya ada tiga potensi besar yang dimiliki oleh pondok pesantren dalam perannya memandirikan ekonomi umat,” ungkap Menag dalam keterangannya, Senin (1/3).

Pertama, kata Menag, potensi itu ada dalam diri santri. Hal ini potensi besar karena santri jumlahnya luar biasa. “Jumlah yang sangat banyak itu bisa menjadi modal luar biasa memandirikan umat,” ujarnya.

Kedua, peran pondok pesantren sebagai penghubung masyarakat sekitar. “Beberapa waktu lalu, Kiai NH sudah menceritakan kepada saya, bagaimana Pesantren Motivasi Indonesia ini bisa menjadi penghubung antara UMKM pesantren dengan pasar dan konsumen,” tambahnya.

Potensi ketiga, peran pesantren dalam pengumpulan zakat dan wakaf umat. Selama ini, pesantren menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat, termasuk dalam pengelolaan zakat dan wakaf.

“Tiga potensi yang dimiliki ini sangat berpotensi untuk menciptakan kemandirian ekonomi pesantren dan membangun kekuatan ekonomi umat,” terang Gus Menteri.

Menurut Menag, apabila potensi tersebut terus ditingkatkan, perekonomian masyarakat di sekitar pesantren dapat berputar. Hal ini tentu akan meningkatkan status perekonomian wilayah tersebut.

“Bila potensi ini dioptimalkan maka kemandirian ekonomi tidak hanya menyejahterakan pesantren, tapi masyarakat sekitar,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pesantren Punya 3 Potensi dalam Kemandirian Ekonomi Umat