Sarapan Sebelum Pukul 08.30 Bisa Stabilkan Gula Darah, Ini Alasannya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sarapan Sebelum Pukul 08.30 Bisa Stabilkan Gula Darah, Ini Alasannya


JawaPos.com – Pasien diabetes wajib untuk memperhatikan jadwal, jumlah, dan jenis makanan yang dikonsumsi agar gula darah tetap stabil. Diabetes adalah suatu kondisi kesehatan kronis dimana seseorang menderita kadar glukosa darah yang tinggi. Salah satu cara mengendalikan gula darah adalah dengan disiplin mengatur jam makan, misalnya sarapan.

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan sejauh ini, diabetes tipe-2 masih bisa dikelola. Ada berbagai faktor risiko diabetes yang mungkin pernah Anda dengar dan beberapa di antaranya yang sangat umum adalah pola makan dan gaya hidup.

Menurut sebuah studi terbaru, jika Anda sarapan sebelum pukul 08.30, ada kemungkinan besar bisa mengurangi faktor risiko diabetes tipe-2. Dengan demikian, temuan saat ini menunjukkan bahwa siapa pun yang mulai makan sebelum pukul 08.30 pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih sedikit, dan membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2.

Baca juga: Waspada, Urine Berwarna Keruh Bisa jadi Sinyal Gejala Diabetes

Baca juga: Pasien Diabetes Tak Tahan Ingin Makan Makanan Manis, Ini Saran Dokter

“Kami menemukan orang yang mulai makan di pagi hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka membatasi asupan makanannya kurang dari 10 jam sehari atau asupan makanannya,” kata peneliti Marriam Ali dari Northwestern University in Chicago seperti dilansir dari Healthsite, Sabtu (20/3).

Laporan penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa kadar gula darah puasa tidak berbeda secara signifikan di antara kelompok interval makan. Resistensi insulin lebih tinggi dengan durasi interval makan yang lebih pendek, tetapi lebih rendah di semua kelompok dengan waktu mulai makan sebelum 08.30.

Mengapa sarapan bisa mengurangi risiko diabetes? Resistensi insulin terjadi ketika tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin yang diproduksi pankreas dan glukosa kurang dapat memasuki sel. Siapapun dengan resistensi insulin mungkin berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe-2. Maka dengan disiplin sarapan, bisa mengurangi risiko itu.

Saksikan video menarik berikut ini:


Sarapan Sebelum Pukul 08.30 Bisa Stabilkan Gula Darah, Ini Alasannya