Tiongkok Temukan 3 Obat Manjur untuk Pengobatan Pasien Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tiongkok Temukan 3 Obat Manjur untuk Pengobatan Pasien Covid-19


JawaPos.com – Sejak awal Covid-19 muncul di Wuhan, Tiongkok menggabungkan pengobatan medis dan  tradisional untuk menyembuhkan pasien. Dan kini secara resmi, Tiongkok telah menyetujui tiga produk obat tradisional Tiongkok (TCM) untuk dijual untuk membantu mengobati Covid-19. Administrasi Produk Medis Nasional pemerintah mengumumkan keputusan itu.

Baca juga: Seperti Tiongkok, Taiwan Temukan Obat Manjur untuk Pasien Covid-19

Badan tersebut menggunakan prosedur persetujuan khusus untuk memberi lampu hijau pada tiga produk, yang diyakini memberikan lebih banyak pilihan untuk pengobatan Covid-19. Produk herbal itu terdiri dalam bentuk butiran dan dilacak asal-usulnya dengan racikan resep Tiongkok kuno.

Obat tersebut dikembangkan dari pengobatan TCM yang telah digunakan pada awal pandemi. Dan sudah diteliti oleh banyak akademisi dan ahli di garis depan.

Apa saja ketiga obat itu? Ketiga produk tersebut adalah obat butir pembersih paru-paru dan detoksifikasi. Lalu obat butir penghilang kelembapan dan detoksifikasi. Obat butir pendifusi dan detoksifikasi paru-paru.

Keamanan dan efektivitas TCM masih diperdebatkan di Tiongkok. Meskipun banyak pengobatan di TCM telah digunakan selama ratusan tahun, kritikus berpendapat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat diverifikasi untuk mendukung manfaat yang diharapkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengobatan kuno telah berulang kali dielu-elukan sebagai sumber kebanggaan nasional oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping. “Pengobatan tradisional adalah harta peradaban Tiongkok yang mewujudkan kebijaksanaan bangsa dan rakyatnya,” kata Xi dalam konferensi nasional di TCM pada Oktober 2019.

Selama wabah, Xi berulang kali mendesak para dokter untuk merawat pasien dengan campuran obat Tiongkok dan Barat. Puluhan ribu pasien Covid-19 menerima pengobatan herbal bersamaan dengan obat antivirus dari negara Barat, sesuai laporan Kementerian Sains dan Teknologi.

“Untuk meningkatkam kesehatan dan meningkatkan kekebalan, TCM dapat membantu merangsang kemampuan pasien untuk melawan dan pulih dari penyakit, yang merupakan cara terapi yang efektif,” kata wakil kepala Administrasi Pengobatan Tradisional Cina Nasional Tiongkok, Yu Yanhong,
pada Maret 2020.

Teruji Lewat Penelitian

“Dalam uji klinis terhadap 102 pasien dengan perawatan gabungan mengalami gejala lebih ringan di Wuhan, dibandingkan dengan kelompok kontrol pasien yang hanya menerima pengobatan Barat,” kata Yu. “Tingkat pemulihan mereka 33 persen lebih tinggi,” tambahnya.

Pihak berwenang memuji TCM karena membantu menahan gejala Covid-19 dan membatasi wabah pada Januari tahun ini, hingga 60 ribu dosis TCM dikirim ke petugas polisi garis depan untuk melindungi mereka dari Covid-19. Sejumlah provinsi, termasuk Jilin dan Hebei juga meresepkan TCM kepada pasien Covid.

Sekarang, pihak berwenang ingin memperluas industri TCM yang diperkirakan melebihi USD 430 miliar pada tahun 2020. Negara ini akan membudidayakan 100 ribu profesional TCM dalam 10 tahun ke depan, dan menerapkan langkah-langkah seperti kurikulum TCM di sekolah. Lebih banyak pusat rehabilitasi TCM akan dibangun, beberapa dengan pusat penelitian klinis. Media pemerintah juga mempromosikan TCM dalam liputannya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tiongkok Temukan 3 Obat Manjur untuk Pengobatan Pasien Covid-19