TNI AD Siapkan 102 Faskes Untuk Penyuntikan Vaksin Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

TNI AD Siapkan 102 Faskes Untuk Penyuntikan Vaksin Covid-19


JawaPos.com – TNI Angkatan Darat (AD) telah memulai vaksinasi Covid-19 untuk para prajuritnya. Guna mendukung program tersebut, TNI AD telah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) untuk lokasi penyuntikan vaksin.

Asops KSAD Mayjen TNI Surawahadi mengatakan, TNI AD telah menyiapkan 102 faskes untuk vaksinasi. Fasilitas ini tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

“Fasilitas Kesehatan yang sudah terverifikasi dan dikoordinasikan dengan Puskesad sebanyak 102 unit dengan 98 unit telah melaksanakan dan 4 unit belum, tetapi tenaga sudah disiapkan dan dilatih,” kata Surawahadi kepada wartawan, Jumat (12/3).

Pemberian vaksin Covid-19 kepada jajaran TNI AD dilakukan secara bertahap. Untuk satuan pelaksana di tingkat pusat, Puskesad bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Sedangkan untuk satuan pelaksana tingkat Kodam dan Korem melibatkan Kesdam dan Dankesyah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Kota dan Kabupaten.⁣

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menambahkan, segala kebutuhan vaksinasi baik dari peralatan hingga tenaga vaksinator akan disiapkan sebaik mungkin. Dengan begitu, pemberian vaksinasi bisa berjalan sesuai harapan.

“TNI Angkatan Darat mempersiapkan 1-2 fasilitas kesehatan, untuk mendukung pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 kepada anggota TNI AD di setiap wilayah,” sambung Andika.

Sebelumnya, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin kegiatan vaksinasi serentak bagi seluruh Prajurit TNI AD. Kegiatan ini dibuat dalam 4 gelombang pada periode Maret-April 2021.

Kegiatan vaksinasi yang dilakukan ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi tahap I yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan TNI AD sejumlah 20.565 orang. Vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 serta untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi seluruh prajurit TNI AD. Demi tercapainya herd immunity.

Selain di Mabesad, vaksinasi ini juga dilaksanakan secara serentak dan tersebar di seluruh Komando Utama (Kotama) dan Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) jajaran TNI AD. Secara keseluruhan, jumlah penerima vaksin yaitu 353.647 personel.

Untuk gelombang pertama, dimulai 2 Maret 2021 mencakup 61.054 personel, diperuntukkan bagi penegak disiplin protokol kesehatan dan personel Kodam Jaya serta Balakpus. Selanjutnya Gelombang kedua dimulai 15 Maret 2021 mencakup 80.000 personel, diperuntukkan bagi personel Satuan Kostrad, Kopassus dan personel di 15 Kodam seluruh Indonesia.

Kemudian untuk Gelombang ketiga akan dimulai 1 April 2021 mencakup 100.000 personel, diperuntukkan seluruh Kodam kecuali Kodam Jaya, dan Gelombang keempat dimulai 16 April 2021 berjumlah 92.028 personel, diperuntukkan bagi seluruh personel yang belum mendapatkan vaksinasi.

Saksikan video menarik berikut ini:


TNI AD Siapkan 102 Faskes Untuk Penyuntikan Vaksin Covid-19