Arab Saudi Belum Umumkan Mekanisme Ibadah Haji 2021, Ini Alasannya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Arab Saudi Belum Umumkan Mekanisme Ibadah Haji 2021, Ini Alasannya


JawaPos.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jamaah haji 2021. Hal ini menyusul belum adanya kepastian kuota haji dari Arab Saudi.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan bahwa pihaknya baru mendapat informasi terkait alasan Arab Saudi belum mengumumkan informasi resmi apapun terkait haji.

Menurut Endang, berdasarkan penjelasan yang disampaikan Plt Menteri Media/Penerangan Saudi Majid bin Abdullah Al-Qashabi, mutasi virus Covid-19 dan kelangkaan vaksin menjadi salah satu alasannya.

“Mutasi virus Covid-19, kelangkaan vaksin, dan perkembangan wabah Covid-19 menjadi alasan Arab Saudi belum mengumumkan mekanisme penyelenggaraan haji tahun ini,” jelas Endang dalam keterangannya yang dikutip, Selasa (8/6).

“Plt Menteri Media memang secara berkala memberikan penjelasan melalui konferensi pers terkait perkembangan Covid-19. Dan penjelasan tentang alasan belum umumkan teknis operasional haji disampaikan dalam konferensi pers,” sambungnya.

Endang mengatakan, penjelasan Arab Saudi ini mengkonfirmasi pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam jumpa pers pada 3 Juni 2021, bahwa sampai saat ini belum ada informasi resmi apapun dari Arab Saudi terkait operasional haji.

“Indonesia sudah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah tahun ini. Keputusan itu diambil setelah proses persiapan dan diplomasi panjang. Faktanya, pandemi global masih belum terkendali dan Arab Saudi juga tak kunjung beri informasi,” tandasnya.


Arab Saudi Belum Umumkan Mekanisme Ibadah Haji 2021, Ini Alasannya