Komisi VIII DPR Minta Segera Ambil Keputusan Soal Haji 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Komisi VIII DPR Minta Segera Ambil Keputusan Soal Haji 2021


JawaPos.com – Pemerintah Arab Saudi tidak kunjung memberikan informasi resmi terkait kepastian penyelenggaraan haji 1442 H. Wakil Ketua Komisi VIII TB Ace Hasan Syadzili mendorong pemerintah untuk segera mengambil keputusan.

“Sebaiknya kita segera ambil keputusan dan yang harus menjadi prioritas utama kita adalah keselamatan warga negara Indonesia,” tegas Ace dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6).

Menurutnya, pemerintah akan sulit untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji terlaksana atau tidak, karena hal itu sepenuhnya menjadi kewenangan Arab Saudi. Meskipun begitu, ia mengapresiasi persiapan skenario dan mitigasi penyelenggaran yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

“Kita berikan kesempatan kepada Gus Menteri untuk melapor kepada Presiden. Karena otoritas tertinggi di negara kita ada di Presiden,” jelasnya.

Baca Juga: Ada Pelecehan, Hotman Laporkan Tim Asesmen TWK KPK ke Komnas Perempuan

Baca Juga: Joe Biden Tegaskan Dukungan ke Israel, Muslim AS Boikot Gedung Putih

“Dan nanti setelah mendapat arahan dari Presiden, kita kembali duduk bersama dengan Komsi VIII. Kita sama-sama sampaikan ke masyarakat, soal apa kebijakan yang paling tepat demi kemaslahatan dan kemanfaatan masyarakat. Demi terjaganya hifdzun nafs, keselamatan jiwa bagi warga negara kita,” lanjutnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq menyampaikan, keselamatan jiwa itu menjadi sangat penting. Untuk itu, jika memang akan ada keputusan pembatalan keberangkatan, publik harus mendapat penjelasan bahwa keputusan itu demi kepentingan jamaah itu sendiri.

“Soal kesehatan dan keselamatan jiwa. Ini yang perlu disampaikan. Perlu dijelaskan bahwa keselamatan jiwa itu menjadi sangat penting,” tandas dia.


Komisi VIII DPR Minta Segera Ambil Keputusan Soal Haji 2021