Mas Menteri Puji Disertasi Ibas Soal Pariwisata Terpadu

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mas Menteri Puji Disertasi Ibas Soal Pariwisata Terpadu


JawaPos.com – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) baru saja menyelesaikan sidang promosi doktor (S3) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Jalannya sidang yang dimulai sejak pukul 13.00 ini digelar secara virtual dan terbuka sehingga dapat disaksikan secara langsung.

Dalam sidang tersebut, Ibas memaparkan beberapa hal penting yang ditemukannya dalam disertasinya yang berjudul “Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif”.

Menparekraf Sandiaga Uno pun ikut menilai topik yang diusung oleh adik dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu. Menurut anggoat kabinet yang biasa disapa mas menteri itu, topik yang diangkat oleh Ibas tersebut sangatlah menarik.

Menurut Sandiaga, Labuan Bajo merupakan satu dari sekian daerah super prioritas yang sedang fokus dikembangkan oleh pemerintah sesuai arahan Presiden Jokowi. Destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu memiliki banyak potensi, tidak hanya keindahan alam, namun juga kekayaan stawa endemiknya.

“Keunikan alam dan keajaiban kehidupan komodo menjadi daya tarik utama. Presiden menargetkan Labuan Bajo sebagai pariwisata premium,” ujarnya.

Dalam konteks tersebut, Sandiaga menerangkan lebih lanjut bahwa makna premium bukan berarti eksklusif bagi masyarakat. Justru sebaliknya, masyarakat harus bisa mengakses destinasi wisata ini dengan mudah karena pembangunan pariwisata tidak dapat dipisahkan dari masyarakatnya.

“Oleh karenanya, pembangunan yang terpadu dan berkelanjutan tentu sangat diperlukan,” ujarnya.

Sandiaga juga menambahkan, materi yang dianalisis Ibas dalam disertasinya sangat berkaitan dengan pembangunan yang berkelanjutan, sebab hal ini bisa menjadi pengayaan strategi pembiayaan dan strategi investasi, tidak hanya untuk Labuan Bajo tapi juga dapat diterapkan di berbagai destinasi wisata lainnya.

“Materi Mas Ibas tentu menjadi masukan yang sangat luar biasa berarti untuk pengembangan destinasi wisata di Indonesia,” ujarnya.

Sandi yang saat ini sedang bertugas di Provinsi Sumatera Utara itu bahkan mengaku tidak sabar untuk bertemu Ibas secara langsung dan membahasnya lebih dalam.

“Selamat dan sukses bagi Mas Ibas! Luar biasa, agar hasil yang disampaikan dapat memberikan manfaat yang luas. Saya tertarik banget untuk membahas hasil disertasinya untuk membangun Labuan Bajo lebih baik lagi dan membangun pariwisata kita agar bisa pulih,” pungkasnya.


Mas Menteri Puji Disertasi Ibas Soal Pariwisata Terpadu