Petugas Sidak Kamar Napi, Tidak Temukan Narkoba, Tapi Ada Sajam dan Hp

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Petugas Sidak Kamar Napi, Tidak Temukan Narkoba, Tapi Ada Sajam dan Hp


JawaPos.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Jakarta melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada blok hunian warga binaan. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Renhard Silitonga terkait deteksi dini gangguan Kamtib dan penanganan peredaran narkotika dalam Lapas. Sidak ini dipimpin langsung oleh Kepala Keamanan Lapas Narkotika Jakarta, Aris Setiawan.

Kepala Lapas Kelas IIA Narkotika Jakarta, Bambang Wijanarko mengatakan kegiatan sidak dilakukan sesuai tugas sebagaimana mestinya dan perlakukan warga binaan secara manusiawi. “Sasaran kita adalah barang-barang terlarang beredar di Lapas/Rutan baik itu Handphone, narkotika, benda tajam serta benda lainnya yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas,” terang Bambang, Jumat (4/6) malam.

Dikatakan Bambang, kegiatan ini melibatkan 202 petugas Lapas Narkotika Jakarta yang terdiri dari Tim Satops Patnal, Seluruh anggota regu pengamanan, staff KPLP, Staff pembinaan dan Petugas Fasilitatif. “Kita harus terus meningkatkan upaya penggeledahan. Kegiatan yang kami laksanakan malam ini atas arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan,” jelasnya.

Bambang menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen Lapas Narkotika Jakarta dalam menerapkan tiga kunci pemasyarakatan. “Jadi arahannya untuk mewujudkan pemasyarakatan yang sukses ada 3 kuncinya yaitu pertama deteksi dini yang kedua berantas narkoba yang ketiga bekerjasama dengan aparat penegak hukum setiap Lapas/Rutan harus melakukan tindakan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, penanganan peredaran narkotika dalam lapas. Penggeledahan bersama aparat penegak hukum lain dilakukan, untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa tidak ada pembiaran terhadap beredarnya Narkoba di Lapas/ Rutan,” tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik), Jumadi menambahkan, petugas yang ditugaskan langsung menyisir seluruh Blok Hunian di Lapas Narkotika Jakarta. Hasilnya, dalam kegiatan sidak petugas tidak menemukan adanya narkoba. Namun, petugas mengamankan beberapa barang yang dilarang beredar di Lapas seperti senjata tajam, Handphone, peralatan makan minum terbuat dari besi dan benda terlarang lainnya.

“Tidak ada temuan narkoba, tapi kami temukan sajam jenis pisau buatan dari sendok dan gunting. Kalau sidak massal tidak ada pengakuan dari WBP (warga binaan pemasyarakatan) barang itu punya mereka, selalu bilang gak tau jadi langsung kita rampas dan musnahkan,” tegasnya.

Jumadi menyebut, kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen Lapas Narkotika Jakarta dalam rangka pencegahan peredaran narkoba dan barang terlarang di lingkungan Lapas. ““Kita akan terus meningkatkan upaya penggeledahan. Setiap orang maupun petugas yang masuk harus digeledah secara cermat juga termasuk barang bawaannya. Lalu upaya pencegahan dengan penggeledahan kama-kamar hunian yang dilakukan secara berkala oleh petugas lapas itu sendiri,” tutupnya.


Petugas Sidak Kamar Napi, Tidak Temukan Narkoba, Tapi Ada Sajam dan Hp