Makin Membaik, Satgas Sebut BOR Rumah Sakit Sulsel Hanya 38 Persen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Makin Membaik, Satgas Sebut BOR Rumah Sakit Sulsel Hanya 38 Persen


JawaPos.com–Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sulawesi Selatan menyatakan, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit makin membaik. BOR RS yang melakukan perawatan pasien Covid-19 mulai menurun ke angka 38 persen.

Secara umum, penurunan BOR rumah sakit di Sulsel sangat signifikan pada sepekan terakhir. Berdasar data Satgas pada Senin (16/8), BOR isolasi Covid-19 masih 49 persen. Namun pada 22 Agustus turun menjadi 38 persen.

Sehingga dalam sepekan, penurunan BOR rumah sakit terhadap perawatan pasien Covid-19 di Sulsel mencapai 9 persen atau turun dari 1.746 tempat tidur menjadi 1.364 tempat tidur yang saat ini digunakan merawat pasien Covid-19.

Tren penurunan BOR itu bukan hanya pada BOR isolasi. BOR ICU juga menunjukkan hal positif dengan turunnya penggunaan ICU. Satgas Covid-19 mencatat penggunaan tempat tidur ICU sebanyak 60,46 persen pada 16 Agustus, sedangkan 22 Agustus menurun menjadi 52,46 persen.

Kendati demikian, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman meminta kepada seluruh kabupaten/kota untuk selalu memperhatikan angka BOR rumah sakit di daerah yang merawat pasien Covid-19. ”Saya minta tolong perhatikan BOR rumah sakit di daerah, karena kasihan TNI dan Polri bukan lagi pada tupoksinya tetapi ikut membantu kita dalam pelayanan publik,” kata Andi Sudirman Sulaeman kepada perwakilan 24 kabupaten seperti dilansir dari Antara saat penyerahan bantuan sembako bagi terdampak Covid-19 di Makassar, Senin (23/8).

Andi Sudirman menyampaikan, Pemprov Sulsel terus melakukan beberapa upaya dalam memutus penularan Covid-19. Salah satunya mempersiapkan isolasi terintegrasi, mulai dari Asrama Haji, FIT Sulsel BPSDM, isolasi BBPK Makassar, dan Isolasi Apung.

”Jika ada yang terkonfirmasi, tolong didorong untuk diisolasi di beberapa tempat yang telah kita persiapkan, dibawa dan di-tracing. Karena banyak kejadian pasien Covid-19 dengan saturasi di bawah 40 baru dibawa ke rumah sakit,” ujar Andi Sudirman Sulaeman.

Dia berharap agar masyarakat deteksi dini sebelum pengaruh Covid-19 semakin parah serta siap mengikuti isolasi di sejumlah tempat yang telah disediakan.


Makin Membaik, Satgas Sebut BOR Rumah Sakit Sulsel Hanya 38 Persen