Pemerintah Susun Strategi Hidup Bersama Pandemi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemerintah Susun Strategi Hidup Bersama Pandemi


JawaPos.com – Pemerintah saat ini menyusun strategi hidup bersama pandemi Covid-19. Dalam rapat terbatas, Presiden RI Joko Jokowi (Jokowi) meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan penyesuaian yang mana bukan lagi fokus pada penanganan pandemi namun hidup bersama pandemi Covid-19.

“Di ratas Bapak Presiden meminta kami untuk bisa mulai menyusun strategi hidup bersama pandemi, bukan hanya strategi penanganan pandemi,” ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8).

Budi memaparkan, beberapa hal yang harus dijalankan untuk hidup bersama pandemi diantaranya, protokol kesehatan yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Sebab hal itu menjadi kunci bagi hidup sehat agar aktivitas ekonomi tetap berjalan normal.

“Yang paling penting adalah protokol kesehatannya harus diimplementasikan dengan disiplin,” ucapnya.

Kemenkes sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa asosiasi untuk menyusun protokol kesehatan berbasis teknologi informasi. Aplikasi PeduliLindungi akan dipakai secara nasional.

“Akan kita pakai secara nasional untuk membantu menjaga implementasi prokes berbasis teknologi informasi,” tuturnya.

Nantinya, Budi melanjutkan, atas arahan Presiden, protokol kesehatan di sektor transportasi, perkantoran, pariwisata, hingga restoran akan disusun. “Sehingga kita bisa membangun hidup bersama epidemi dengan menyeimbangkan antara sisi kesehatan dengan sisi aktivitas ekonominya,” ungkapnya.

Selain protokol kesehatan, Budi melanjutkan, hal lain adalah testing dan tracing yang harus diperkuat. Sesuai arahan Jokowi, testing dan tracing harus sangat terarah, tidak massal, benar-benar yang butuh.

“Istilahnya para ahli kesehatan adalah testing epidemiologi, bukan testing untuk screening. Testing epidemiologi yaitu testing yang dilakukan ke suspect dan kontak erat yang memang bergejala. Bukan semua orang dites karena mau melakukan aktivitas tertentu,” pungkasnya.


Pemerintah Susun Strategi Hidup Bersama Pandemi