PPKM Level 4, Banjarmasin Longgarkan Beberapa Sektor Ekonomi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

PPKM Level 4, Banjarmasin Longgarkan Beberapa Sektor Ekonomi


JawaPos.com–Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melonggarkan beberapa sektor ekonomi pada kelanjutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang sudah ditetapkan hingga 6 September.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan, ketetapan kelanjutan PPKM level 4 hingga dua pekan ke depan merupakan instruksi pemerintah pusat, tentunya harus ditaati. Mesi begitu, Pemkot Banjarmasin mengambil kebijakan untuk melonggarkan beberapa sektor ekonomi untuk lebih maksimal beroperasi.

Ibnu Sina mengatakan, beberapa sektor ekonomi yang dilonggarkan operasionalnya tersebut seperti rumah makan dan restoran, kafe dan tempat kuliner lainnya, untuk bisa menerima pelanggan makan dan minum ditetapkan.

”Tapi kapasitasnya tentu ada batasan, hanya 25 persen misalnya dari kapasitas yang ada, menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Termasuk mal juga kita buka sedikit, karena banyak restoran di sana,” ujar Ibnu Sina seperti dilansir dari Antara.

Namun demikian, lanjut Ibnu Sina, keinginannya itu belum secara resmi dituangkan dalam peraturan wali kota (Perwali) tentang PPKN level 4 di pekan kelima yang dimulai Selasa (24/8) hingga 30 Agustus. Pihaknya tetap akan mengikuti instruksi pemerintah pusat.

”Termasuk juga ada revisi penerapan PPKM level 4 ini hanya hingga 30 Agustus saja, ini mau dibicarakan juga dengan Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin,” papar Ibnu Sina.

Ibnu Sina menyampaikan, sektor ekonomi yang belum memungkinkan diizinkan buka itu adalah tempat hiburan malam. ”Kalau diskotek, pub hingga karaoke itu memang 100 persen belum boleh buka, termasuk juga katagorinya tempat biliar,” tutur Ibnu Sina.

Dia meminta agar masyarakat mengerti kondisi penyebaran Covid-19 saat ini. Sebab, belum ada penurunan signifikan hingga pemerintah melanjutkan lagi pengetatan melalui penerapan PPKM level 4.

”Kita menyadari banyak masyarakat yang terdampak luar biasa ekonominya terhadap kebijakan ini, namun kita harus sadari, kesehatan lebih penting, tentunya kita upayakan ekonomi juga bisa bergerak,” terang Ibnu Sina.


PPKM Level 4, Banjarmasin Longgarkan Beberapa Sektor Ekonomi