Pramuka Siap Hadir ke Masyarakat Memutus Penyebaran Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pramuka Siap Hadir ke Masyarakat Memutus Penyebaran Covid-19


JawaPos.com–Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta Pramuka Kwartir Cabang Kota Surabaya untuk terjun ke masyarakat dalam upaya membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

”Kegiatan yang telah dilaksanakan dan akan dilakukan adalah bakti sosial di rumah sehat, donor darah, vaksinasi, pelantikan pengurus kwarcab, baksos bagi warga Pramuka yang terdampak Covid-19, dan doa bersama lintas agama. Ini awal yang baik untuk membawa gerakan Pramuka mencapai prestasi terbaik dan mendapatkan tempat terbaik di hati warga Surabaya,” kata Wawali Kota Surabaya Armuji seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Senin (9/8).

Menurut dia, upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Surabaya membutuhkan kerja sama dan gotong royong dari semua pihak, termasuk gerakan Pramuka. Dalam UU Nomor 12 Tahun 2020 disebutkan bahwa tujuan gerakan Pramuka adalah membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Menurut Armuji, dari tujuan pramuka tersebut dapat ditangkap maknanya bahwa gerakan Pramuka adalah sebuah kawah candradimuka pembentukan karakter generasi milenial Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Pada masa pandemi, gerakan Pramuka dibutuhkan dalam memberikan pencerahan kepada publik agar laju Covid-19 bisa dicegah.

”Beberapa pencegahan bisa dilakukan dengan mengampanyekan hidup sehat, memakai masker, mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, dan sebagainya. Pramuka membawa nilai-nilai gotong-royong, peduli sesama, serta perilaku hidup sehat dan bersih,” ujar Armuji.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Surabaya Siti Mariyam menambahkan, gerakan Pramuka siap hadir di tengah masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ”Secara konkret, dengan melaksanakan disinfeksi, disiplin penerapan protokol kesehatan, dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kemanusiaan,” terang Siti Mariyam.

Dia mengatakan, pengurus baru Kwartir Cabang Pramuka Pramuka Surabaya Periode 2021–2026 telah menggelar rapat virtual terkait program kerja terdekat khususnya penanganan Covid-19 pada Minggu (8/8). ”Dengan komposisi pengurus yang baru ini bisa menjadi semangat bagi Pramuka untuk lebih maju lagi,” ujar Siti Maryam.


Pramuka Siap Hadir ke Masyarakat Memutus Penyebaran Covid-19