Pura Mangkunegaran Surakarta Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Sura

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pura Mangkunegaran Surakarta Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Sura


JawaPos.com–Pihak Istana Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah, pada 2021, meniadakan upacara tradisi kirab pusaka menyambut malam 1 Sura (kalender Jawa), pada Senin (9/8) malam karena masih pandemi Covid-19.

”Seperti pada tahun sebelumnya meniadakan upacara tradisi kirab pusaka karena situasi masih pandemi Covid-19,” kata Juru bicara Pura Mangkunegaran Surakarta, Joko Pramudya, seperti dilansir dari Antara di Solo, Kamis (5/8).

Dia menjelaskan, alasan meniadakan kirab itu karena pemerintah masih menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu, pihaknya sedang merenovasi beberapa titik di kawasan Pura Mangkunegeran sebagai program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun, menurut dia, beberapa kegiatan lain dalam memperingati malam 1 Sura pada Senin (9/8) malam, seperti jamasan pusaka dan wilujengan masih diadakan secara internal dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Dia mengatakan, beberapa bangunan yang dipugar, antara lain penataan bangunan Prangwedangan, Ndalem Ageng, dan Pringgitan. Kegiatan dilakukan Kementerian PUPR.

Pihak Istana Pura Mangkunegaran pada pandemi hingga saat ini, juga menutup kunjungan wisata. Namun, untuk layanan perpustakaan masih bisa diakses dengan terlebih dahulu melakukan reservasi.

Pihak istana juga membatasi pengujung perpustakaan, yakni tidak boleh lebih dari lima orang. Pembatasan waktu kunjungan di perpustakaan, pukul 09.00–12.00 WIB.

Istana Pura Mangkunegaran masih membuka layanan perpustakaan tersebut secara terbatas untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir kuliah. ”Kami membantu mahasiswa yang mungkin sedang menyelesaikan tugas akhir, karena akan kesulitan mencari referensi atau data. Namun, jika akan datang ke perpustakaan harus reservasi dahulu, supaya bisa diatur jamnya,” terang Joko Pramudya.

Dia mengatakan, karena gedung Rekso Pustaka Pura Mangkunegaran sedang direnovasi, sementara waktu perpustakaan dipindahkan ke ruangan di selatan gerbang timur.


Pura Mangkunegaran Surakarta Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Sura