Ruas Tol Dalam Kota Jakarta Bertambah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ruas Tol Dalam Kota Jakarta Bertambah


JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan segmen jalan tol Kelapa Gading–Pulo Gebang kemarin (23/8).

Segmen itu merupakan bagian dari jalan tol dalam kota Jakarta ruas Semanan–Grogol–Pulo Gebang sepanjang 29,67 kilometer.

Jokowi tiba di Gerbang Tol Cakung sekitar pukul 08.30. Dia didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Komisaris Utama PT Jakarta Tollroad Development Trisna Muliadi.

’’Hari ini (kemarin, Red) jalan tol Kelapa Gading–Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat,’’ kata Jokowi dalam sambutannya.

Pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta merupakan proyek strategis nasional (PSN). Pembangunan dilaksanakan dengan sistem kerja sama operasi (KSO) antara PT Jaya Konstruksi dan PT Adhi Karya. Konstruksi jalan bebas hambatan itu menyerap investasi hingga Rp 20,73 triliun dengan biaya konstruksi Rp 12,37 triliun.

Ruas tol dalam kota Semanan–Pulo Gebang terbagi menjadi tiga segmen. Yakni, Semanan–Grogol 9,5 kilometer, Kelapa Gading–Pulo Gebang 9,29 kilometer, dan sisanya Grogol–Kelapa Gading. Berfungsinya segmen tol Kelapa Gading–Pulo Gebang membuat distribusi logistik lebih cepat.

Sebab, jalan tol itu menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Seksi Kelapa Gading–Pulo Gebang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) seksi E (Taman Mini–Rorotan). ’’Pada akhirnya, daya saing akan makin baik,’’ tutur Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pembangunan jalan tol menghubungkan kawasan-kawasan produktif. Misalnya, kawasan pariwisata, industri, dan simpul-simpul transportasi. Khusus tol dalam kota Jakarta, ada manfaat tambahan dari jalan tol. Yakni, mengurangi kemacetan. ’’Sehingga akan mengurangi biaya logistik,’’ terangnya.

Ruas tol dalam kota Jakarta lain yang sedang dipersiapkan konstruksinya adalah Duri Pulo–Kemayoran, Tanah Abang–Ulujami, dan Casablanca–Pasar Minggu. Secara utuh, ruas tol dalam kota Jakarta membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan Bus Rapid Transit.


Ruas Tol Dalam Kota Jakarta Bertambah