Salah Video saat Kabarkan Topan In-Fa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Salah Video saat Kabarkan Topan In-Fa


TIONGKOK dihantam topan In-Fa sepekan lalu. Sejumlah kota di negeri itu pun dilanda hujan lebat dan banjir. Banyak video yang menunjukkan kengerian bencana tersebut. Sayangnya, ada saja yang menginformasikan bencana itu dengan menggunakan video yang keliru.

Contohnya, akun Facebook Subehi yang membagikan ulang video angin kencang menghantam sebuah mobil van putih. Pohon-pohon tumbang. Angin juga menerbangkan material-material berat ke udara. Video itu diberi keterangan topan In-Fa yang sedang melanda China.

”China dilanda topan in-fa. ada apa dengan China? bencana bertubi-tubi menghantam kota-kota di China. Setelah banjir di Zhengzhou, badai di Heibei, sekarang topan di Shanghai. Seakan akan tuhan seperti murka. Semoga bencana segera berahir, dan keadaan kembali membaik,” begitu keterangan video tersebut (bit.do/BadaiDiTiongkok).

Saat ditelusuri menggunakan padanan gambar terbalik, video yang sama pernah diunggah akun Facebook Severe World Weather pada 3 Juni 2019. Video itu diberi keterangan bahwa tornado menghantam Cile pada Mei 2019. ”Tornado damage in Talcahuano, Chile on May 31st. Report: Tornados no Brasil tracking,” begitu keterangannya. Anda dapat melihatnya di bit.do/VanPutihChile.

Mengutip portal berita berbahasa Spanyol, 24horas.cl, sekitar 1.100 rumah terkena dampak tornado dan puting beliung di wilayah Uble dan Biobío, Cile, pada 30 dan 31 Mei 2019. Lalu, 862 ornag di antaranya memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah. Anda dapat membacanya di bit.do/Kejadian2019.

Terkait topan In-Fa di Tiongkok, South China Morning Post memberitakan bahwa aktivitas di sebagian besar Kota Shanghai benar-benar lumpuh. Badai yang membuat 4.700 pohon ambruk itu memaksa pemerintah setempat mengumumkan status darurat. Setidaknya 362.000 orang telah dievakuasi menjelang topan datang. Sekitar 1.800 kapal juga ditarik dari pelabuhan terdekat Kota Shanghai dan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Topan juga mengganggu pasokan listrik. Tercatat penduduk di Distrik Pudong dan Minhang mengeluhkan pemadaman listrik ke cabang Shanghai State Grid Corporation of China yang merupakan perusahaan utilitas milik negara. Anda dapat membacanya di bit.do/TopanTiongkok.

Baca Juga: Hampa Tanpa Medali, Perjalanan No 1 Dunia Berakhir dengan Tragis

FAKTA

Video yang dibagikan ulang akun Facebook Subehi memperlihatkan tornado yang menghantam Cile pada 2019.


Salah Video saat Kabarkan Topan In-Fa