Segmen Kredit Konsumtif dari Pasar ASN jadi Kekuatan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Segmen Kredit Konsumtif dari Pasar ASN jadi Kekuatan


JawaPos.com – PT Bank Jatim Tbk berupaya meningkatkan kinerja di tengah hambatan pandemi. BUMD milik Pemprov Jawa Timur itu bakal mencari peluang di sektor yang masih terus tumbuh.

Dirut Bank Jatim Busrul Iman menyatakan, pihaknya menerapkan prinsip keberhati-hatian dalam melangkah di tengah pandemi. Meskipun demikian, tidak berarti semua sektor macet.

“Kita memang harus pintar cari peluang mana sektor yang bakal tumbuh,” ucapnya.

Dia mengakui Bank Jatim mempunyai keuntungan. Yakni, punya pasar tetap di kredit konsumtif di lingkup ASN. Kontribusinya mencapai 60 persen dari total portofolio.

Hal itu membuat sebagian besar portofolio kreditnya lancar selama pandemi. Rasio restrukturisasi utang tidak sampai 6 persen dari total kredit perseroan.

Menurut Busrul, kredit konsumtif juga bisa mendorong belanja masyarakat sehingga dapat memutar roda perekonomian. “Untuk penyaluran sektor riil, kami juga pilih sektor yang masih tumbuh. Misalnya, bahan pokok dan kesehatan,” ucapnya.

Busrul menambahkan, bank yang baru saja merayakan ulang tahun ke-60 itu juga tetap menjalankan perannya sebagai pendorong ekonomi Jatim. Karena itu, emiten berkode BJTM tersebut berkolaborasi dengan pemerintah untuk menyalurkan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).


Segmen Kredit Konsumtif dari Pasar ASN jadi Kekuatan