Disiplin Prokes dan Vaksinasi Adalah Cara Keluar dari Pandemi Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Disiplin Prokes dan Vaksinasi Adalah Cara Keluar dari Pandemi Covid-19


JawaPos.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meyakini Indonesia mampu melewati masa sulit karena memiliki dua modal sosial yang kuat yakni gotong royong dan kolaborasi. Dia pun mengapresiasi upaya semua pihak yang bahu membahu tanpa lelah dan tanpa pamrih bersama menghadapi pandemi yang saat ini menjadi tantangan global.

“Siapa pun bisa berupaya, bahu membahu berusaha bersama menghadapi pandemi Covid-19. Sekecil apapun pasti berarti,” kata Johnny dalam keterangannya, Selasa (7/9).

Bagi setiap individu di lingkungan masyarakat, lanjutnya, dengan mematuhi dan disiplin protokol kesehatan sudah amat berarti di masa sekarang ini. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan masker dobel, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas harus terus dilaksanakan. Kemudian saling mengingatkan antar anggota masyarakat yang lengah menjalankan protokol kesehatan juga tak kalah penting.

“Semua terlihat sederhana dan bisa dilakukan siapa saja, tapi sesungguhnya itu amat berarti dalam menghadapi pandemi seperti saat ini,” ujar Johnny.

Hal lain yang lain bisa dilakukan masyarakat adalah segera divaksinasi. Jika sudah melakukan vaksinasi, Menkominfo Johnny meminta masyarakat untuk turut mengajak keluarga, tetangga, kerabat, terutama kepada para lansia dan kelompok rentan lainnya, untuk ikut dan mau divaksinasi.

Dalam penyelenggaraan vaksinasi, Menkominfo menyambut baik kolaborasi yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah, TNI, Polri, pihak swasta, dan organisasi kemasyarakatan.

“Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi bangsa Indonesia, mari kita bersama-sama, bahu membahu menghadapi pandemi,” papar Johnny.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengapresiasi inisiatif program vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang kolaboratif dan inovatif. Pemkot Surabaya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya dan Entrepreneur’s Organization (EO) Indonesia East Chapter menggelar vaksinasi dengan menargetkan 20 ribu karyawan perusahaan, pengusaha, UMKM dan warga Surabaya.

“Sasaran vaksinasinya masif, hasil kerja gotong-royong dan peserta makin senang karena setelah disuntik dapat hadiah,” ujar dr. Reisa.

Menurut dr. Reisa, tekad Kota Surabaya sudah sesuai seruan Presiden Joko Widodo. Juga sesuai pesan WHO kepada seluruh masyarakat dunia national unity and global solidarity, persatuan bangsa dan solidaritas dunia.

“Hanya dengan Bersama Kita Bisa Hadapi Pandemi ini,” pungkasnya.


Disiplin Prokes dan Vaksinasi Adalah Cara Keluar dari Pandemi Covid-19