Hoaks, Ini Bukan Foto Perbaikan Kabel Bawah Laut Telkomsel & Indihome

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hoaks, Ini Bukan Foto Perbaikan Kabel Bawah Laut Telkomsel & Indihome


GANGGUAN jaringan internet Telkomsel dan Indihome masih terus ditunggangi kabar palsu. Beberapa hari terakhir, beredar dua foto penyelam di dasar laut yang diklaim sedang memperbaiki kabel bawah laut Telkomsel dan Indihome.

”Semoga sebelum jam 19 dah bisa ya, Indihome dan Telkomsel saya mati ini,’’ tulis akun Twitter @BuatBacotSaja pada 20 September 2021 sembari mengunggah dua foto penyelaman di dasar laut. Unggahan itu juga menyertakan kabar bahwa gangguan massal belum selesai dan penyambungan sedang dilakukan (bit.ly/FotoPenyelaman).

Dua foto yang diunggah itu memang menunjukkan penyelam berada di dekat sebuah kabel. Foto atas memperlihatkan penyelam menuju sebuah kabel besar berwarna hitam-kuning, sedangkan foto bawah memperlihatkan penyelam memegang benda semacam kabel atau slang yang lebih kecil.

Saat dilakukan penelusuran jejak digital, foto atas ternyata tidak berkaitan dengan masalah jaringan internet yang dialami Telkomsel dan Indihome. Foto yang sama pernah diunggah portal berita berbahasa Spanyol, elpuertoexiste.es, untuk kepentingan pemberitaan pada 19 Mei 2011. Disebutkan bahwa seorang penyelam Red Eléctrica de España (REE, sebuah perusahaan yang mengoperasikan listrik nasional di Spanyol) menempatkan satu dari tiga kabel di dasar laut.

Foto itu digunakan sebagai ilustrasi berita Dewan Kota Sagunto, Valencia, Spanyol, yang melayangkan gugatan kepada REE. Namun, gugatan tersebut dinilai dapat merugikan kas kota hingga satu juta euro. Anda dapat melihat foto itu di bit.ly/Foto2011Valensia.

Sementara itu, foto kedua juga tak berkaitan dengan gangguan jaringan internet Telkomsel dan Indihome. Foto itu dirilis oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada 29 Juni 2011.

”Penyelam Angkatan Laut Kelas 3 Bryan Myers ditugaskan melakukan Mobile Diving and Salvage Unit (MDSU)-2, melompat dari batu ke batu di sepanjang dasar laut selama operasi penyelaman. MDSU-2 berpartisipasi dalam Navy Diver-Southern Partnership Station, sebuah keterlibatan kemitraan multinasional,” begitu keterangan foto tersebut. Anda dapat melihatnya di bit.ly/USNavy2011.

FAKTA

Dua foto penyelaman dasar laut itu sudah beredar jauh sebelum jaringan internet Telkomsel dan Indihome mengalami masalah. Foto atas diabadikan pada 19 Mei 2011 di Spanyol, sedangkan foto kedua adalah penyelaman yang dilakukan anggota US Navy pada 29 Juni 2011.


Hoaks, Ini Bukan Foto Perbaikan Kabel Bawah Laut Telkomsel & Indihome