Satgas Covid-19 Sebut Jatim Keluar Zona Merah Penularan Virus

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Satgas Covid-19 Sebut Jatim Keluar Zona Merah Penularan Virus


JawaPos.com–Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur menyampaikan, saat ini sudah keluar dari zona merah atau berisiko tinggi terhadap penularan virus korona jenis baru.

”Alhamdulillah, dari 38 kabupaten/kota, sudah tidak ada zona merah,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur Makhyan Jibril seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Rabu (1/9).

Data tersebut, kata dia, merujuk catatan satgas Covid-19 nasional dan dapat dilihat melalui laman covid19.go.id/peta-risiko. Anggota satuan tugas kuratif tersebut menyampaikan, di Jatim terdapat 20 kabupaten/kota masuk dalam zona oranye atau berisiko sedang penularan Covid-19 dan 18 daerah berstatus zona kuning atau berisiko rendah penularan.

Rinciannya, 20 daerah zona oranye, yakni Kabupaten Madiun, Kota Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Tulungagung, Magetan, Gresik, Kota Kediri, Kota Malang, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Kediri. Selain itu, Kabupaten Lumajang, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Blitar, Malang, dan Kabupaten Jember.

Sebanyak 18 daerah zona kuning, yaitu Kabupaten Bondowoso, Jombang, Sampang, Pamekasan, Banyuwangi, Pasuruan, Ngawi, Mojokerto, dan Kabupaten Tuban. Selain itu, Kabupaten Lamongan, Situbondo, Probolinggo, Bojonegoro, Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Pasuruan.

Dokter Jibril menjelaskan, beberapa faktor yang membuat Jatim bebas zona merah, antara lain efektivitas program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai darurat hingga berbasis level yang masih berlangsung hingga saat ini. Dari segi kasus, Jatim mengalami penurunan signifikan atau sekitar 80,1 persen, dari yang pernah mencapai puncak 44 ribu kasus per pekan, saat ini 8.000 kasus.

Begitu juga dari angka kematian yang turunnya 52,2 persen. Yakni dari puncak hingga 2.458 kasus per pekan, saat ini 1.393 kasus. Bahkan, lanjut dia, dari segi pengujian tes usap PCR mencapai rekor baru yaitu dari 90.047 per pekan, angka positivity rate di angka 10 persen.

”Pencapaian ini jangan sampai membuat kita lengah. Ayo, jadikan momentum bangkit dari pandemi dan tentunya harus selalu disiplin menjaga protokol kesehatan, serta mempercepat vaksinasi di Jatim,” tutur Makhyan Jibril.

Dia mengapresiasi upaya bersama mengatasi peningkatan penularan virus di daerah itu. ”Terima kasih kepada seluruh masyarakat, tenaga kesehatan, TNI/Polri, relawan, dan semua pihak yang bekerja keras. Tetap disiplin 6M,” ujar Makhyan Jibril.


Satgas Covid-19 Sebut Jatim Keluar Zona Merah Penularan Virus