June 11, 2020 at 05:30AM - New Normal, Pakar Sebut Kasus Positif Bisa Terus Naik 1.000 Per Hari -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

New Normal, Pakar Sebut Kasus Positif Bisa Terus Naik 1.000 Per Hari

JawaPos.com – Angka pertambahan kasus positif Covid-19 naik drastis dalam 2 hari terakhir dengan angka lebih dari 1.000 kasus. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan banyak orang di tengah kebijakan new normal yang diberlakukan pemerintah.

Lantas, mengapa pemerintah tetap mendorong pelaksanaan new normal dengan meminta masyarakat mengadaptasi kebiasaan baru serta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan? Alasan utamanya adalah karena sosial ekonomi yang sudah menyulitkan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi Covid-19.

“(Mulai dilonggarkan) Karena dalam tanda kutip negara kita sudah ‘cukup miskin’. Nggak cukup lagi,” kata Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Prof Hasbullah Thabrany kepada JawaPos.com.

Menurut Hasbullah negara Indonesia tak punya sistem unemployment insurance yang kuat. Beda dengan sistem di negara maju di mana sudah memiliki sistem untuk mencairkan dana bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

“Bukan asuransi pengangguran ya. Tapi misalnya di negara maju orang yang kena PHK karena bukan maunya, dana bisa dicairkan. Di kita tidak begitu,” katanya.

“Jaringan pengaman sosial sangat minim bantuan. Rp 600 ribu sebulan tak cukup untuk satu keluarga. Dan orang yang biasa gajinya Rp 5 juta sebulan merasa kesulitan hidup terbatas seperti kemarin,” lanjut Hasbullah.

Dengan kondisi tersebut, masuk ke era new normal adalah jalan keluar yang paling memungkinkan. Masalahnya, jika masyarakat menganggap new normal sebagai euforia kebebasan dan beraktivitas tanpa mematuhi protokol kesehatan, maka kasus akan semakin naik.

“Perilaku masyarakat tak bisa ditebak. Orang sekarang sudah mulai ramai. Sudah bisa makan di tempat, mal sudah akan dibuka, dan jika tak mematuhi protokol kesehatan. Saya duga dalam 1-2 pekan ke depan masih akan ada kasus 1.000 per hari,” ungkapnya.

New Normal, Pakar Sebut Kasus Positif Bisa Terus Naik 1.000 Per Hari