June 11, 2020 at 07:15AM - AS Sebut Virus Korona Muncul Agustus 2019, Tiongkok: Temuan Konyol! -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

AS Sebut Virus Korona Muncul Agustus 2019, Tiongkok: Temuan Konyol!

JawaPos.com – Tiongkok menolak hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School atas temuan mereka yang mengumumkan bahwa virus Korona jenis baru ternyata sudah muncul sejak Agustus 2019 di Tiongkok. Penelitian itu didasarkan pada gambar satelit dari pola perjalanan rumah sakit dan data mesin pencari yang menunjukkan bahwa virus mungkin sudah mulai menyebar sebelum kasus pertama dicatat secara resmi.

Namun, Tiongkok segera menolak laporan itu sebagai temuan yang konyol. Penelitian mencari dengan kata kunci ‘batuk’ dan ‘diare’ pada citra satelit dari tempat parkir rumah sakit di kota Wuhan Tiongkok tempat penyakit tersebut pertama kali diidentifikasi pada akhir 2019. Dan ternyata terbukti ada hunian parkir mobil rumah sakit pada Agustus 2019.

“Pada Agustus kami mengidentifikasi peningkatan dalam pencarian kasus diare yang. Lalu juga pada data pencarian batuk,” kata peneliti.

Penulis penelitian ini mengklaim bahwa ada peningkatan lalu lintas rumah sakit di Wuhan jauh sebelum awal pandemi yang didokumentasikan pada bulan Desember 2019. “Meskipun kami tidak dapat mengkonfirmasi apakah peningkatan volume secara langsung terkait dengan virus baru, bukti kami mendukung kemunculan terjadi sebelum identifikasi di pasar Seafood Huanan (di Wuhan),” kata mereka.

Dalam sebuah jumpa pers pada 8 Juni, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying membantah hal itu. Menurutnya, pengamatan penelitian itu begitu dangkal.

“Saya pikir itu konyol, sangat menggelikan, menghasilkan kesimpulan ini berdasarkan pengamatan dangkal seperti volume lalu lintas, maka itu tak bisa dipercaya,” kata Hua Chunying.

AS Sebut Virus Korona Muncul Agustus 2019, Tiongkok: Temuan Konyol!