June 11, 2020 at 07:41AM - 70 Persen Imunitas Tubuh Dipengaruhi Makanan pada Saluran Cerna -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

70 Persen Imunitas Tubuh Dipengaruhi Makanan pada Saluran Cerna

JawaPos.com – Daya tahan atau imunitas yang kuat sangat penting guna melindungi tubuh dari serangan penyakit atau virus. Salah satu cara memperkuat imunitas adalah dengan menjaga saluran cerna tetap sehat. Lantas, bagaimana caranya?

Dikatakan Dokter spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr. Diana Felicia Suganda, sebenarnya imunitas sangat berkaitan erat dengan makanan. Nah, makanan inilah yang akan memengaruhi apakah saluran cerna menjadi sehat atau tidak.

“70 persen imun kita dipengaruhi oleh saluran cerna. Kalau kita bisa buang air besar setiap hari, itu menandakan keseimbangan bakteri baik di dalam saluran cerna kita, kalau bakteri baik mudah-mudahan imunitas juga baik,” ujar dr. Diana.

Tapi, makanan yang dikonsumsi pun tidak boleh asal. Dalam sepiring nasi harus diisi dengan makanan bergizi seimbang. Yakni dengan memenuhi kebutuhan makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Lalu, takaran kaborhidrat, protein, dan lemak pun harus seimbang. Biasanya, ungkpa dr. Diana, dalam satu piring harus berisi sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran, dan sisanya dilengkapi protein hewani serta buah-buahan.

“Jadi enggak bisa protein aja tanpa karbohidrat, atau perbanyak sayur aja enggak ada proteinnya. Semua harus lengkap untuk membentuk usus yang sehat sehingga imunitas meningkat,” tukasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

70 Persen Imunitas Tubuh Dipengaruhi Makanan pada Saluran Cerna