June 16, 2020 at 10:52AM - Peringatan Untuk Pakistan, Kasus Covid-19 Bisa Tembus 1,2 Juta Orang -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Peringatan Untuk Pakistan, Kasus Covid-19 Bisa Tembus 1,2 Juta Orang

JawaPos.com – Jumlah penderita Covid-19 di Pakistan saat ini hampir mencapai 140 ribu kasus dengan jumlah kematian 2.700 jiwa. Setiap harinya, Pakistan mencatat penambahan dengan rekor tertinggi, yakni lebih dari 5 ribu kasus.

Hal ini terjadi setelah Pakistan melonggarkan lockdown dan masyarakat di sana mengabaikan protokol kesehatan. Jika dihitung secara epidemiologi, diperkirakan pada Juli nanti jumlah kasus bisa melonjak hingga 1,2 juta orang.

Menteri Perencanaan Pakistan, Asad Umar memperingatkan bahwa kasus-kasus negara itu telah mencapai jumlah yang mengkhawatirkan. Mereka khawatir dengan perhitungan para ahli.

“Perkiraan para ahli mengatakan jumlah kasus yang dikonfirmasi dapat mencapai 300 ribu pada akhir Juni jika kita terus melanggar protokol kesehatan dan menganggap masalah ini ringan,” kata Umar kepada wartawan seperti dilansir dari Science Times, Selasa (16/6).

Seperti laporan Daily Mail, pihak berwenang telah meningkatkan upaya pengujian mereka, tetapi pengujian 25 ribu per hari yang dilakukan dianggap tidak cukup. Mereka menduga bahwa jumlah sebenarnya orang yang terinfeksi bisa lebih tinggi dari 140 ribu kasus.

Menurut perhitungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pakistan dapat mengalami peningkatan kasus lebih dari 800 ribu pada bulan Juli jika lockdown tidak diberlakukan lagi. Selain itu, badan kesehatan PBB itu kecewa dengan pencabutan pembatasan penguncian Pakistan yang dimulai pada 1 April hingga 22 Mei.

Lockdown ditentang oleh Perdana Menteri Imran Khan sejak Maret karena ekonomi negara itu jatuh miskin, dan mereka tidak mampu membayar jaringan sosial bagi masyarakat. “Beberapa orang mengatakan lockdown, seolah-olah itu adalah solusi,” kata Khan sebelumnya.

Dia menekankan bahwa situasi Pakistan berbeda dari AS, Tiongkok dan negara-negara lain karena 25 persen negara mereka berada dalam kemiskinan. Lockdown dapat secara signifikan mempengaruhi orang miskin.

Namun, tepat setelah festival Idul Fitri, kasus meningkat pesat dengan penambahan 1.000 kasus dalam waktu 50 hari. Baru-baru ini, pemerintah telah mencatat 1.000 kasus lagi hanya dalam tiga hari terakhir. Pemerintah Pakistan juga telah memperbolehkan salat jamaah. Ribuan orang pergi ke masjid dan banyak dari mereka tanpa masker atau mempraktikkan jarak sosial.

Peringatan Untuk Pakistan, Kasus Covid-19 Bisa Tembus 1,2 Juta Orang