June 17, 2020 at 06:18AM - Kandungan Gula Tinggi, Bolehkah Pasien Diabetes Makan Semangka? -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kandungan Gula Tinggi, Bolehkah Pasien Diabetes Makan Semangka?

JawaPos.com – Semangka adalah buah yang kaya serat dan air. Semangka juga kaya nutrisi dan ternyata memiliki nilai Glikemik Indeks (GI) atau gula yang tinggi. Bagi penderita diabetes yang ingin makan semangka tentunya bertanya apakah aman bagi kadar gula darahnya.

Dilansir dari Healthline, Rabu (17/6), tidak ada penelitian pasti yang mengaitkan penyebab diabetes dengan mengonsumsi semangka. Malah, beberapa penelitian mengaitkan manfaat semangka dengan penyakit komplikasi terkait diabetes.

Semangka memang mengandung gula alami. Maka jumlah semangka yang dikonsumsi mungkin berdampak pada kadar gula darah. Semangka mengandung vitamin A, C, B, Kalsium, dan potasium. Karena tinggi serat, makan semangka dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, semangka memiliki lebih dari 90 persen kandungan air. Semangka mengandung likopen dalam jumlah sedang, yaitu pigmen yang memberi warna pada buah. Ini juga merupakan antioksidan kuat.

Terkait dengan risiko bagi pasien diabetes, Indeks Glikemik (GI) atau kadar gula makanan memasuki aliran darah, pada semangka cukup tinggi. Sementara makanan dengan GI rendah atau sedang dianggap baik bagi kadar gula darah.

Semangka biasanya memiliki nilai GI 72 dari 100. Jika ingin makan semangka, maka konsultasikan dulu dengan dokter. Perhatikan ukuran porsinya. Atau lebih baik mengganti semangka dengan buah yang lain.

Saksikan video menarik berikut ini:

Kandungan Gula Tinggi, Bolehkah Pasien Diabetes Makan Semangka?