June 17, 2020 at 06:50AM - Sempat Diamankan Polresta Jayapura Kota, Empat Mahasiswa Dipulangkan -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sempat Diamankan Polresta Jayapura Kota, Empat Mahasiswa Dipulangkan

JawaPos.com–Aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura Kota memulangkan empat mahasiswa setelah menjalani proses pemeriksaan. Para mahasiswa itu diamankan lantaran melaksanakan aksi mimbar bebas dan pembentukan posko peduli tujuh tersangka kasus demo rasisme yang sedang jalani persidangan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas seperti dilansir dari Antara di Kota Jayapura menerangkan, keempat mahasiswa yang diamankan pada Senin pagi (15/6), itu hanya untuk dimintai klarifikasi dan selanjutnya dipulangkan dengan syarat.
”Kami amankan mereka berdasar hasil laporan dari pihak kampus. Karena, pihak kampus menilai aksi yang dilakukan di luar agenda kurikulum kampus. Senin (15/6) malam sudah kami dipulangkan,” kata Gustav R. Urbinas yang enggan menyebutkan nama kampus yang dimaksud tersebut.

Menurut dia, pihak kampus melaporkan kejadian tersebut kepada Polresta Jayapura Kota untuk mengambil langkah-langkah berupa tindakan kepolisian yang diperlukan. ”Keempat mahasiswa yang diamankan yakni Albert Yatipai alias Berto Kudiay, 24; Marhten Pakage, 24; Semi Gobay alias Marinus Boma, 23, dan Yones Yalak alias Simus Yalak, 24,” terang Gustav R. Urbinas.

Selain mengamankan keempat mahasiswa yang diduga sebagai penanggung jawab kegiatan untuk dimintai klarifikasi, Polresta Jayapura Kota juga menyita beberapa pamflet, spanduk, dan atribut yang digunakan untuk jadi barang bukti. Keempat mahasiswa yang diamankan sampai dengan dipulangkan dalam kondisi sehat tanpa ada unsur-unsur kekerasan yang dilakukan polisi.

”Untuk perlu diketahui, kami amankan dan pulang mereka dalam keadaan baik. Jangan sampai ada isu berkembang kami lakukan hal tidak menyenangkan seperti yang beredar di dunia maya. Harapannya, warga bijak dalam menerima atau membaca suatu informasi atau berita,” ucap Gustav R. Urbinas.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Sempat Diamankan Polresta Jayapura Kota, Empat Mahasiswa Dipulangkan