June 19, 2020 at 07:07AM - Masjid Al Akbar Jadi Masjid Percontohan New Normal -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Masjid Al Akbar Jadi Masjid Percontohan New Normal

JawaPos.com – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) berkunjung ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Rabu (17/6). Kunjungan tersebut bertujuan memantau pemberlakuan protokol kesehatan di sana. Termasuk memberikan arahan kepada puluhan anggota DMI wilayah Jawa Timur (Jatim).

Ketatnya protokol di MAS membuat JK heran. Mantan wakil presiden itu memberikan masukan kepada pengelola MAS. Menurut dia, jarak saf terlalu jauh. Jarak per jamaah adalah 2,5 meter. ’’Jarak 1 meter saja cukup,’’ katanya kemarin siang. Sebab, semua jamaah sudah memakai masker. Dengan jarak 1 meter, nanti masjid juga bisa menampung banyak jamaah.

JK menyatakan, protokol kesehatan di dalam masjid memang harus ketat. Tujuannya, tidak ada klaster baru dari masjid. ’’Jangan sampai masjid menjadi tempat penularan Covid-19.”

Total, ada 14 SOP yang diterapkan MAS. Salah satunya adalah sterilisasi bagian dalam masjid sebanyak lima kali sehari.

JK menuturkan, ketatnya protokol di MAS bisa menjadi contoh untuk masjid di seluruh Indonesia. Termasuk menyangkut pengelolaan di tempat wudu. ’’Sebab, bersih tidaknya masjid dimulai dari tempat wudu atau toilet,’’ ungkapnya. Karena itu, green toilet di MAS mendapat apresiasi langsung dari JK. Plus, taman berkonsep Instagrammable.

JK menyebutkan, hingga saat ini, sudah ada 2,5 juta pak pembersih lantai yang dibagikan ke masjid dan musala di seluruh Indonesia. Diharapkan, tidak ada lagi penularan Covid-19 di masjid seperti beberapa waktu lalu. ’’Yang paling penting adalah mengajarkan kebersihan dan jaga jarak kepada jamaah. Meski, hal ini tentu tidak mudah dilakukan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Humas MAS Helmy M. Noor menjelaskan bahwa jarak antarjamaah tetap 2,5 meter. Pertimbangannya, masjid cukup untuk menampung para jamaah. Kecuali, lanjutnya, saat salat Idul Adha nanti, jarak antarjamaah diatur ulang. ’’Agar bisa menampung banyak jamaah yang datang sesuai dengan arahan DMI Pusat,’’ katanya.

Ketua PW DMI Jatim KH M. Roziqi mengungkapkan, protokol new normal kini sudah disosialisasikan di masjid semua daerah. Dengan begitu, dalam waktu dekat semua masjid di Jatim telah menerapkan protokol kesehatan. Bukan hanya itu, dialog juga nanti dilakukan untuk menampung aspirasi para pengurus masjid di Jatim.

Saksikan video menarik berikut ini:

Masjid Al Akbar Jadi Masjid Percontohan New Normal