June 19, 2020 at 08:08AM - Siswa di Surabaya Mulai Latihan Aktivitas di Sekolah -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Siswa di Surabaya Mulai Latihan Aktivitas di Sekolah

JawaPos.com – Mengenakan masker lengkap dengan face shield, puluhan siswa SMK PGRI 13 datang ke sekolah, Rabu (17/6). Mereka mendapatkan pemaparan dari guru dalam kegiatan diklat persiapan new normal di sekolah.

”Ayo diatur jaraknya. Minimal 1 meter,” ucap Kepala SMK PGRI 13 Sri Wilujeng kepada para siswa kelas XI di aula. Rabu itu, 56 siswa dari empat jurusan mengikuti acara tersebut. Mendengarkan persiapan apa saja yang harus dilakukan saat kembali masuk sekolah.

Diklat selama sepekan itu memang digagas secara mandiri oleh sekolah. Tujuannya, siswa siap menerima pembelajaran lagi jika sewaktu-waktu instruksi dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim membolehkan siswa untuk belajar di ruang kelas.

Selama diklat berlangsung, siswa mendapat materi penuh dan pembiasaan di kelas. Mulai harus cek suhu tubuh, cuci tangan, hingga wajib memakai masker. Cara belajar di dalam kelas juga diatur agar antarsiswa tetap berjarak.

Beberapa baliho telah dibuat sebagai prosedur anjuran. Sekolah telah menyiapkan tim satgas khusus yang beranggota guru dan siswa. Satgas tersebut bertugas mengatur dan menertibkan siswa selama masa new normal nanti.

Sri menengaskan, kegiatan selama seminggu tersebut murni diklat. Belum ada materi pelajaran untuk siswa. Pembelajaran masih tetap menggunakan daring. Sekolah menunggu instruksi dari pemerintah provinsi mengenai jadwal masuk sekolah. ”Jadi, kegiatan ini bukan masuk sekolah,” ucapnya.

Sri mengatakan, sesuai informasi, tahun ajaran baru 2020−2021 dimulai pada 13 Juli mendatang. Namun, skema dan juknisnya belum ditentukan. Apakah tatap muka secara langsung atau masih menggunakan jarak jauh.

Sementara itu, beberapa siswa saat ditanya mengatakan kompak ingin masuk sekolah. Mereka sudah jenuh dengan pembelajaran jarak jauh. Mereka ingin kembali beraktivitas seperti biasa. ”Di rumah bosan, Mas,” ucap Danar Rangga, salah seorang siswa.

Pelajar jurusan desain komunikasi visual (DKV) itu kangen pada teman-teman sekelasnya. Ingin ngobrol lepas daripada harus terus-menerus di rumah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Siswa di Surabaya Mulai Latihan Aktivitas di Sekolah