June 19, 2020 at 09:45AM - Covid-19 Tak Kunjung Selesai, Outlook Ekonomi Tumbuh Maksimal 1 Persen -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Covid-19 Tak Kunjung Selesai, Outlook Ekonomi Tumbuh Maksimal 1 Persen

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 telah menggerogoti berbagai sendi kehidupan banyak negara, termasuk Indonesia. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun kembali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, ekonomi Indonesia akan tumbuh di level antara -0,4 persen sampai 1 persen. Artinya, angka tersebut masuk dalam kategori skema berat. Hal tersebut berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi yang memunculkan prediksi kontraksi mendalam pada kuartal-II.

“Outlook proyeksi minus 0,4 persen hingga 1 persen. Untuk batas atas kami turunkan dari 2,3 persen ke 1 persen,” ujarnya saat rapat kerja (raker) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR mengenai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) tahun anggaran 2021, Kamis (18/6).

Sri Mulyani memaparkan, sebelumnya pihaknya masih memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kisaran -0,4 persen sampai 2,3 persen. Revisi dilakukan karena faktor ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, bahkan lebih besar.

Pada kuartal-II 2020, diprediksi ekonomi nasional minus 3,1 persen atau turun drastis dari realisasi kuartal-I 2020 yang sebesar 2,97 persen. Nantinya, kata Sri Mulyani, proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional akan bergantung pada kemampuan pemulihan kuartal III dan IV tahun ini.

Ia menyebut, hingga saat ini pemerintah masih bekerja keras untuk menahan dampak dari virus Covid-19 agar tidak menyerang lebih jauh perekonoman nasional. Sehingga, beberapa kebijakan dirilis agar tidak memperparah keadaan selama vaksin belum ditemukan.

“Pemerintah terus bekerja keras untuk menahan dampak negatif Covid-19 terhadap perekonomian,” pungkasnya.

Covid-19 Tak Kunjung Selesai, Outlook Ekonomi Tumbuh Maksimal 1 Persen