June 20, 2020 at 10:45AM - Sudah Beraksi di 30 Lokasi, Sindikat Spesialis Ganjal ATM Ditangkap -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sudah Beraksi di 30 Lokasi, Sindikat Spesialis Ganjal ATM Ditangkap

JawaPos.com – Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap sindikat spesialis pembobol mesin ATM. Sindikat ini termasuk kelompok kelas kakap karena telah beraksi berkali-kali di wilayah DKI Jakarta.

“Ada 30 TKP hasil pemeriksaan yang kami lakukan ke pelaku ini ada 3 orang,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana kepada wartawan, Sabtu (20/6).

Nana menjelaskan, sindikat ini biasa beroperasi dengan cara mengganjal mesin ATM. Tak berbeda jauh dengan kelompok lainnya, sindikat ini pun menggunakan tusuk gigi untuk menahan kartu ATM yang dimasukan ke dalam mesin.

“Kemudian pelaku ini seolah-olah mengantre dibelakang orang yang ngambil uang dengan pura-pura mau ambil uang juga. Modusnya ketika nggak bisa mengambil kartu dia pura-pura nolong korban,” tambahnya.

Pelaku kemudian akan meminta korban memasukan lagi nomor PIN ATM. Di saat yang bersamaan pelaku mengintip agar tahu nomor PIN tersebut. Karena kartu ATM tak kunjung bisa keluar, korban pun langsung diminta pelaku pergi ke bank untuk proses pemblokiran kartu ATM.

“Ketika korban pergi, pelaku langsung melalukan aksinya dengan alat khusus gergaji dia bisa keluarkan kartu ATM. Setelah dia ambil kartu ATM dia akan kuras isi kartu ATM korban,” jelas Nana.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Mereka terancan pidana di atas 5 tahun penjara.

Sudah Beraksi di 30 Lokasi, Sindikat Spesialis Ganjal ATM Ditangkap