June 20, 2020 at 10:55AM - Masa Pandemi Covid-19, Khitan di Rumah Didatangi Petugas dengan APD -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Masa Pandemi Covid-19, Khitan di Rumah Didatangi Petugas dengan APD

JawaPos.com – Khitan atau sunat memiliki manfaat dari sisi kesehatan selain menjadi anjuran dari sisi agama. Biasanya, masa liburan sekolah diisi dengan kegiatan sunatan massal atau menjadi momen tepat jika seorang anak ingin dikhitan. Sayangnya, masa pandemi Covid-19, anak-anak bahkan tak bisa pergi ke sekolah dan tidak aman jika harus bepergian. Maka rencana agar disunat tahun ini pun tertunda.

Ternyata, sunat juga boleh dilakukan di rumah jika memang orang tua atau anak sudah menginginkan agar khitan segera dilakukan. Asalkan dilakukan oleh tenaga medis yang ahli dan dilakukan oleh tenaga medis dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Sunat selalu menjadi momok yang menakutkan. Namun, mungkin itu dulu ketika sunat masih menggunakan alat tradisional. Seiring dengan kemajuan teknologi dalam bidang medis, sunat tak lagi menyeramkan dan jauh lebih nyaman,” kata Praktisi Khitan dr. Encep Wahyudan dari Rumah Sunat dr. Mahdian kepada wartawan dalam konferensi pers virtual, baru-baru ini.

Era new normal dianggap pemerintah sebagai langkah untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi seperti saat ini yang mengharuskan untuk melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah. Pilihan untuk sunat di rumah dapat menjadi solusi.

“Orang tua dan anak tidak harus beranjak ke mana-mana, baik sebelum melakukan tindakan, maupun setelahnya dan secara psikologis, anak akan lebih nyaman disunat di rumah atau kamarnya sendiri,” jelas dr. Encep.

Menurutnya, tindakan sunat secara medis masuk kategori bedah minor tanpa ruang khusus. Yang terpenting adalah peralatan yang digunakan dalam kondisi steril dan prosedur yang digunakan harus dengan protokol kesehatan. “Maka dari itu sunat di rumah bisa dilakukan di saat masa pandemi di era New Normal ini,” katanya.

Maka dokter yang datang tentunya harus berpengalaman dan didampingi tenaga perawat yang terlatih serta dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) saat melakukan tindakan. Dan anak bisa lebih nyaman secara psikologis dikhitan di kamarnya sendiri.

Hal senada diungkapkan Manager Klinik Kimia Farma dr. Dien Kurtanty, MKM. Pihaknya mendukung pemerintah agar masyarakat membatasi diri berobat di luar rumah tetapi dengan metode telemedicine.

“Berbagai inovasi layanan melalui telemedis maupun layanan ke rumah dengan cara yang aman agar tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di masa pandemi ini,” kata dr. Dien.

Masa Pandemi Covid-19, Khitan di Rumah Didatangi Petugas dengan APD