June 21, 2020 at 09:46AM - Kabareskrim Polri Ajak Masyarakat Meriahkan Hut Bhayangkara ke-74 -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kabareskrim Polri Ajak Masyarakat Meriahkan Hut Bhayangkara ke-74

JawaPos.com – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menggelar Cyber Police Festival 2020. Gelaran ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74.

Kepala Bareskrim Mabes Polri, Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, gelaran lomba tersebut bertemakan ‘Aman Bersosial Media’. Mengingat era teknologi informasi saat ini sangat pesat, sehingga menyebabkan perubahan dalam kehidupan sosial, ekonomi, budaya, serta politik yang dapat membentuk masyarakat baru dengan sebutan information society.

“Tema ini dipilih dengan harapan masyarakat terus berinisiatif membangun konten positif di media sosial. Sehingga, memerlukan cyber campaign yang mengajak masyarakat untuk aman bersosial media,” kata Listyo dalam keterangannya, Minggu (21/6).

Strategi pencegahan melalui cyber campaign, lanjut Listyo, dilakukan untuk membangun kesadaran keamanan di ruang siber atau security awareness. Dia menyebut, tingkat kejahatan di media sosial memiliki tren peningkatan yang signifikan dalam lima tahun terakhir.

Listyo membeberkan, jumlah kejahatan siber meningkat sebesar 75,73 persen dari 2015 sampai dengan 2019. Pada 2015, jumlah kejahatan siber sebanyak 2.609 kasus. Sedangkan pada 2019 jumlahnya menjadi 4.585 kasus.

Sementara itu, kemampuan Polri dalam menyelesaikan kasus kejahatan siber dalam lima tahun tersebut meningkat sangat pesat sebesar 265,70 persen dari 624 kasus terselesaikan pada 2015 menjadi 2.282 kasus yang dapat diselesaikan pada 2019. Bahkan, jumlah kejahatan siber yang terjadi sejak Januari hingga pertengahan Juni 2020 mencapai 2.259 kasus dengan tingkat penyelesaian masalah sebanyak 527 kasus.

“Data-data itu menunjukkan bahwa kita terus mengakselerasi diri terhadap dunia siber, meskipun kejahatan berkembang lebih pesat. Kejahatan siber yang paling tinggi secara berturut-turut meliputi penipuan, pencemaran nama baik, ujaran kebencian, pornografi, dan penyebaran konten bermasalah,” beber Listyo.

Listyo juga mengatakan, tingginya aktivitas masyarakat di dunia daring sangat terasa selama masa pandemi Covid-19. Dalam masa ini, aktivitas masyarakat dikurangi untuk menekan risiko penularan virus korona.

Oleh karena itu, Listyo menyebut Cyber Police Festival 2020 diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74. Dia pun mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam HUT Bhayangkara ke-74.

“Jadi kita meriahkan Hari Bhayangkara bersama masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemenang pertama lomba ini akan memperoleh Rp 10 juta, pemenang kedua dan ketiga masing-masing berhak mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta dan Rp 5 juta.

Kabareskrim Polri Ajak Masyarakat Meriahkan Hut Bhayangkara ke-74