June 22, 2020 at 06:54AM - 29 Pedagang Pasar Positif Korona, Total Covid-19 di Sumsel Jadi 1.721 -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

29 Pedagang Pasar Positif Korona, Total Covid-19 di Sumsel Jadi 1.721

JawaPos.com – Kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah sebanyak 700 selama 19 hari terakhir. Di antara itu, terdapat 29 kasus baru yang berasal dari klaster pasar tradisional.

Ke-29 kasus baru itu merupakan pedagang di pasar tradisional. Yakni Pasar Kebon Semai dan Pasar Kebun Bunga.

Kepala Pusdatin dan Komunikasi BNPB Raditya Jati menyebut, 29 pedagang pasar tradisional di Kota Palembang positif covid-19. “Kasus positif itu tersebar di Pasar Kebon Semai dan pasar Kebun Bunga,” ujar Raditya Jati dalam keterangan persnya, Senin (22/6).

Dilaporkan Antara, per Minggu (21/6), terdapat 41 kasus baru di Sumsel. Dengan demikian total kasus penularan virus korona di daerah yang dikenal dengan pempek itu menjadi 1.721 orang atau naik 700 dalam kurun waktu 19 hari.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan, penambahan 41 kasus pada hari Sabtu (20/6) berasal dari Kota Palembang (34 orang), Kabupaten Banyuasin (lima), dan Musi Banyuasin (dua).

“Semakin bertambahnya kasus harus membuat kita disiplin menjalankan protokol kesehatan, jika tidak melaksanakan maka kita justru bisa berkontribusi meningkatkan kasus,” ujar Yusri seperti dilansir Antara.

Menurut Yusri, Kota Pelembang masih mendominasi tambahan kasus karena pelacakan kontak kasus-kasusnya paling gencar.

Meski kasus positif Covid-19 tinggi, tetapi pasien sembuh juga terus menunjukkan penambahan. Berdasar periode harian kerap lebih sedikit dari penambahan kasus-kasus baru.

Sementara itu, untuk kasus meninggal dunia juga bertambah satu orang dari Kota Palembang, sehingga totalnya menjadi 67 orang (3,9 persen).

​​​​​​​Tambahan kasus baru setiap hari membuat kasus aktif selalu lebih banyak dibandingkan kasus yang selesai. “Adapun total kasus yang dinyatakan selesai per 20 Juni berjumlah 818 orang, maka total kasus aktif dalam penanganan berjumlah 903 orang,” tambahnya.

Ke 903 kasus itu mendapat penanganan di Kota Palembang (713), disusul Kabupaten Banyuasin (64 kasus), OKI (38 kasus), Musi Banyuasin (22 kasus), Lubuklinggau (18 kasus), Ogan Ilir (14 kasus).

Kabupaten PALI (13 kasus), Muara Enim (12 kasus), OKU Timur (tiga kasus), serta OKU, Lahat, Empat Lawang dan Musi Rawas masing-masing satu kasus, khusus luar wilayah terdapat tiga kasus.

Gugus tugas sumsel meminta masyarakat tekun menjalankan protokol pencegahan Covid-19 yang sebenarnya cukup sederhana, yakni memakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan.

“Semua langkah protokol itu pada intinya mencegah virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh, karena kalau sudah masuk maka dia bisa menularkanya kemana-mana, maka bayangkanlah jika ternyata yang tertular itu anak atau orangtua kita, imunitas mereka rata-rata rendah,” tegas Yusri.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

29 Pedagang Pasar Positif Korona, Total Covid-19 di Sumsel Jadi 1.721