June 23, 2020 at 08:08AM - Direncanakan Buka Awal Juli, Balita Dilarang Masuk KBS -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Direncanakan Buka Awal Juli, Balita Dilarang Masuk KBS

JawaPos.com − Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) bakal buka lagi. Lembaga konservasi itu ditutup total sejak 17 Maret lalu gara-gara pandemi Covid-19.

Sebenarnya, tempat rekreasi sudah boleh buka lagi. Sebab, ada Peraturan Wali Kota Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 yang diundangkan sejak 10 Juni.

Dirut PDTS KBS Chairul Anwar mengatakan, pembukaan KBS belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, pihaknya harus menyiapkan satgas khusus yang akan mengawasi protokol kesehatan di tempat rekreasi. ”Sekarang sedang proses penyusunan dan simulasi,” ujar Chairul, Minggu (21/6).

Satgas yang dibentuk harus dibekali dengan pemahaman tentang protokol kesehatan. Mereka diberi kewenangan untuk menegur pengunjung apabila melanggar ketentuan. Proses persiapan tersebut dilakukan hingga akhir Juni ini. KBS harus memastikan seluruh pengunjung di area seluas 15 hektare itu bisa terpantau satgas. ”Insya Allah, awal Juli mulai buka,” ujar mantan Dirut PDAM Kabupaten Pasuruan itu.

Yang jelas, KBS harus membatasi jumlah pengunjung. Maksimal 50 persen dari total kapasitas. Setelah dihitung, kapasitas maksimal KBS adalah 4.000 pengunjung. ”Jadi, tidak boleh lebih dari 2.000 orang,” ujar Kabag Perekonomian Pemkot Surabaya Agus Hebi Djuniantoro.

Loket juga ditiadakan. Calon pengunjung KBS hanya bisa membeli tiket secara online. Penggunaan teknologi tersebut akan memudahkan pemkot dalam hal pembatasan pengunjung.

Saat dibuka nanti, ada sejumlah rambu-rambu baru. Beberapa di antaranya berada di jalur pejalan kaki dan dekat pagar kandang. Rambu-rambu itu mengatur jarak minimal bagi para pengunjung yang berjalan maupun yang menonton satwa.

Peraturan yang perlu diperhatikan adalah usia pengunjung. Bayi di bawah lima tahun (balita) tidak boleh masuk KBS. Anak-anak rentan tertular dan penanganan medisnya lebih sulit apabila positif Covid-19. ”Ini serius dan tidak bisa ditawar. Balita tidak boleh masuk untuk kebaikan bersama,” tegas mantan Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) itu.

Selain itu, warga dengan usia di atas 50 tahun disarankan tidak berkunjung. Yang sudah berusia lebih dari 60 tahun tidak diperbolehkan masuk. ”Lansia ini juga sangat rawan tertular,” lanjutnya.

Analisis pemkot menunjukkan bahwa 73,07 persen pasien positif Covid-19 berusia di atas 35 tahun. Sementara itu, pasien positif yang berusia di atas 65 tahun memiliki tingkat kematian 22,6 persen. Angkanya sangat tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kematian nasional akibat Covid-19 yang 6,01 persen.

Hebi juga memastikan seluruh hewan di KBS berada dalam kondisi prima. Banyak yang mengkhawatirkan kondisi satwa lantaran KBS tidak memiliki pendapatan sama sekali selama tiga bulan. ”Ada uang cadangan. Jadi, pemberian makanan dan pemenuhan gizi tidak terganggu,” katanya.

KBS memiliki anggaran penyertaan modal yang belum terserap sepenuhnya. Pemkot memberikan modal Rp 50 miliar untuk revitalisasi kebun binatang yang sudah berusia 104 tahun itu.

Selama tutup, KBS memang merombak sejumlah kandang. Kolam-kolam juga dibersihkan agar saat kembali dibuka, KBS tampil dengan wajah baru.

Saksikan video menarik berikut ini:

Direncanakan Buka Awal Juli, Balita Dilarang Masuk KBS