Harimau Dekati Permukiman dan Mangsa Sapi di Aceh Tengah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Harimau Dekati Permukiman dan Mangsa Sapi di Aceh Tengah


JawaPos.com–Tiga ekor harimau Sumatera dalam beberapa hari terakhir dilaporkan mendekati permukiman warga di Kampung atau Desa Kuyun Uken, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah. Bahkan, harimau itu telah memangsa ternak sapi warga setempat.

Warga Kampung Kuyun Uken Ramli mengatakan, satwa liar tersebut telah memangsa seekor sapi milik warga setempat sehingga membuat warga resah. ”Kami melihat tiga ekor harimau berkeliaran di kebun warga, sekitar 700 meter dari perkampungan,” kata Ramli seperti dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, harimau Sumatera yang berkeliaran tersebut yakni dua ekor harimau dewasa dan satu ekor anak harimau. Satwa liar yang terancam punah tersebut mendekati permukiman penduduk secara berkelompok. Petani takut pergi berkebun karena sudah banyak kasus, harimau juga menyerang manusia.

Warga berharap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan pihak terkait segera mengambil tindakan agar harimau itu kembali ke habitat aslinya di hutan. ”Kami sekarang sangat resah dan berharap agar pihak terkait bisa memberikan solusi,” ujar Ramli.

Sementara itu, puluhan gajah liar mengobrak-abrik areal perkebunan sawit milik warga di Simpang Cehcut Desa Lhok Boat, Kabupaten Aceh Jaya. ”Kami mendengar suara gajah mematahkan kelapa sawit usia muda dan ketika melihat gerombolan gajah mendekati rumah, saya langsung membawa anak dan istri keluar menjauh,” kata pemilik kebun sawit di Simpang Cehcut Desa Lhok Boat, Kecamatan Setia Bakti, Marnuddin di Aceh Jaya.

Hingga saat ini, dia masih trauma dengan kejadian tersebut dan tidak berani pulang ke rumah. ”Semua peralatan rumah tangga hancur karena gajah, saat ini saya numpang di rumah saudara,” kata Marnuddin.

Camat Setia Bakti Ag Suhadi mengatakan, telah meninjau ke lokasi kejadian bersama Tim BKSDA Aceh, Polisi Hutan, dan TNI/Polri untuk melihat langsung. ”Memang masih ada gajah di lokasi tersebut, kebetulan kita juga membawa mercon (petasan) untuk menghalau gajah,” kata Ag Suhadi.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


Harimau Dekati Permukiman dan Mangsa Sapi di Aceh Tengah