Pengobatan Penyakit Autoimun Graves Seperti yang Diderita Jedar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pengobatan Penyakit Autoimun Graves Seperti yang Diderita Jedar


JawaPos.com – Beberapa waktu lalu, artis Jessica Iskandar atau Jedar mengaku  sedang menderita Graves Disease Autoimmune Hyperthyroid. Di luar kasus sakit Jessica Iskandar, pengobatan Graves Disease Autoimmune Hyperthyroid memang perlu diintervensi dengan obat. Tapi pasien juga tak boleh kelelahan.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Endokrin dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI/RSCM). Pasien dengan penyakit ini sering kelelahan dan jantungnya berdebar-debar. Lantas, bagaimana pengobatannya?

“Ada upaya non-farmakologi di luar obat seperti jangan stres dan kelelahan, lalu dilakukan secara medis. Pada umumnya pasien kami berikan obat untuk tekan produksi hormon tiroidnya, perlambat detak jantungnya,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Selain obat, gaya hidup pasien juga diusahakan jangan terkena asap rokok. Tak boleh makan dan minum yang perberat keadaannya. Misalnya kopi dan makanan yang banyak mengandung yodium seperti cumi-cumi basah.

Kemungkinan untuk sembuh total, kata dr. Tri Juli, biasanya penderita penyakit autoimun mengalami kondisi remisi. Bisa saja lepas obat tetapi harus dimonitor.

“Bisa lepas obat, tapi harus dimonitor sebab nanti bisa relapse atau kumat. Tergantung sih, kalau cara pengobatannya tepat cepat melepas obatnya, remisi bisa lama,” kata dr. Tri Juli.

“Obat-obatan sebenarnya salah satu saja. Di luar negeri, di AS biasanya ada modalitas lain yaitu namanya terapi dengan kedokteran nuklir. Tapi itu juga bisa jadi alternatif,” jelasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Pengobatan Penyakit Autoimun Graves Seperti yang Diderita Jedar